Sensasi Gelambir Bebatuan Goa Kembang Donorojo

oleh
Goa Kembang. (Foto: @khamimabdulah)

Pacitanku.com, DONOROJO – Satu lagi obyek wisata goa di Pacitan dibuka. Obyek wisata ini adalah Goa Kembang yang terletak di RT/RW 03/V Dusun Gesing, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

Goa yang tergolong goa muda di Pacitan ini baru dibuka oleh Ketua ASPPI Pacitan Wiwid Dwi Peni Antari pada Selasa (12/5/2018) lalu.

Apa yang menarik dari Goa Kembang? Goa ini hampir mirip dengan Goa Gong, utamanya pada tekstur stalaktit dan stalagmitnya. Mulut goa menganga menghadap ketimur tenggara dengan ketinggian dari kaki gunung 65 meter.

Adapun, penamaan Goa Kembang ini dikarenakan terletak tepat di perut Gunung Kembang, sehingga dinamakan Goa Kembang. Di dalam goa, kita akan menyaksikan gelambir-gelambir bebatuan raksasa, lengkap dengan ukirannya membentuk ukiran alam yang indah. Mirip dengan gordin raksasa.

Goa ini memiliki tiga ruang utama dengan bebatuan khas yang masing-masing sudah diberi nama oleh pengelola Goa Kembang yang dikenal dengan sebutan Paguyuban Goa Kembang (PGK). Masing-masing bebatuan yang mencolok diberi  nama Batu Kembang Joyo Kusumo, Batu Kembang Jaya Mulya, Soko Guru dan Arca Ratih.

Batu Kembang Joyo Kusumo adalah stalaktit atau bebatuan yang menggantung di langit goa, membentuk kuncup bunga. Sedangkan Soko Guru adalah bagian di dalam ruangan goa yang menyerupai tiang, dan arca ratih adalah bebatuan goa yang mirip atau menyerupai arca atau patung zaman purbakala.

Akses masuk menuju ke lokasi wisata Goa Kembang ini masih seadanya pada bulan Juli 2018 ini. Itu dikarenakan pengelolaan goa ini masih mengandalkan dana desa setempat. Namun demikian, pengelola berkomitmen untuk membuat jalur menuju Goa Kembang yang baru terbuat dari rabatan jalan.

Selain itu, pengelola setempat juga sudah menyediakan lahan parkir bagi wisatawan yang mengunjungi Goa Kembang. Pun demikian dengan jumlah pengunjung yang belum banyak, hal itu dikarenakan obyek wisata yang belum lama dibuka ini memang masih baru.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi Goa Kembang? Silahkan agendakan ke tempat yang masih alami ini. Selamat berlibur.