Sambutan Hangat untuk SBY Saat Mudik ke Pacitan

oleh
SBY saat memberikan sambutan dalam reuni alumni SMAN 271 Pacitan tahun 1968. (Foto: Arif Sasono/Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyempatkan mudik ke kampung halaman di Pacitan pada Sabtu (15/7/2018). SBY hadir ke Pacitan dalam rangka menghadiri reuni emas alumni SMA Negeri 271 Pacitan tahun 1968.

Sambutan hangat pun datang dari segenap masyarakat Pacitan yang menyambut kehadiran Ketua Umum Partai Demokrat tesebut di Pendopo Kabupaten Pacitan pada Sabtu (15/7/2018) malam WIB.

Baca juga: Mudik, SBY Hadiri Reuni Emas Alumni SMAN 1 Pacitan 1968

Didampingi istrinya, Ani Yudhoyono, SBY yang mengenakan batik kuning kombinasi hitam nampak Bersama Bupati Pacitan, Indartato dan sejumlah pejabat Pemkab Pacitan, SBY disambut tarian selamat datang sebagai awal dimulainya reuni emas alumni SMAN 271 Pacitan.

Saat memberikan sambutannya, SBY kembali mengenang romantika perjalanan dirinya dari anak Pacitan yang tinggal di daerah pelosok, bersekolah di SMAN 271 Pacitan hingga menjadi Presiden RI.

Dalam kesempatan tersebut, SBY bercerita perjuangan membangun SMAN 271 Pacitan, dimulai mencetak batu bata, membuat genteng, dan mengangkut kayu,  mengumpulkan batu dari Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung menggunakan truk.

Dia pun berterimakasih kepada para guru yang mendidiknya selama menimba ilmu di sekolah yang saat itu bernama SMA 271. Karena dengan kedisiplinan tinggi, banyak lulusannya kelak menjadi orang sukses.

Untuk diketahui, SBY menghabiskan masa kecil sejak lahir hingga SMA di Pacitan. SBY adalah alumni SD Baleharjo 1, SMPN 1 Pacitan dan SMAN 1 Pacitan. Setelah lulus dari SMA, SBY kemudian meneruskan karir di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) Kabupaten Magelang pada tahun 1973.

Guru Besar Ilmu Ketahanan Nasional dari Universitas Pertahanan Indonesia ini pun berpesan agar anak Pacitan untuk tidak berputus asa untuk menggapai cita dan impiannya.”Anak Pacitan itu pantang putus asa,”katanya.

Sementara, Ani Yudhoyono yang baru saja meluncurkan buku bertajuk “ANI YUDHOYONO 10 TAHUN PERJALANAN HATI” di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (8/7/2018) lalu tersebut juga hadir mendampingi sang suami.

Mengenakan baju kuning emas, perempuan yang hobi fotografi tersebut juga berkesempatan memberikan hadiah buku yang ditulisnya tersebut kepada istri Bupati Pacitan, Luki Tribaskorowati Indartato. Buku ini berisi tentang pengalaman Ani Yudhoyono menjadi ibu negara selama kurun waktu 10 tahun.

Dalam reuni tersebut sejumlah agenda diantaranya pesan dan kesan serta santunan anak yatim menjadi salah satu acara utama dalam reuni emas tersebut.

Sebagai informasi, SBY dan Ani Yudhoyono dijadwalkan berada di Pacitan hingga Minggu (15/7/2018) pagi. Selain reuni, SBY dijadwalkan juga akan mengikuti jalan sehat yang menempuh jarak 400 meter dari Jalan K Umar nomor 20 Baleharjo menuju ke Pasar Minulyo Jalan Jend Gatot Soebroto 39 A Purwoharjo, Kelurahan Baleharjo pacitan. (RAPP002)