Farmingart-Kodim 0801/Pacitan akan Gelar Gugah Tandur

oleh -Dibaca 1.814 kali
Persiapan Gugah Tandur Kodim Pacitan. (Foto: Kodim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemuda Pacitan yang tergabung dalam Farmingart bekerja sama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan menggelar gugah tandur dalam rangka mewujudkan ketahanan di Pacitan. Kegiatan tersebut direncanakan digelar pada Sabtu (14/7/2018) mendatang.

Ketua Pelaksana Farmingart Pacitan, Rofi saat launching persiapan Gugah Tandur pada Kamis (5/7/2018) di Pacitan mengatakan bahwa kegiatan ini digelar untuk menyadarkan para pemuda supaya menyukai pertanian atau bercocok tanam agar ketahanan pangan dapat terjaga dengan baik dan semakin maju.

“Gagasan tema gugah tandur ini diadakan dgn alasan ingin menggugah kembali para pemuda utk bertani dengan teknologi yang ada bukan lagi seperti zaman dulu dengan cara mencangkul atau dengan cara manual,”katanya.

Kegiatan Gugah Tandur tersebut direncanakan akan dimeriahkan dengan berbagai agenda, diantaranya arak-arakan tumpeng hasil bumi, sedekah Bumi, kotekan lesung, tari panen, demo teknologi pertanian dan pagelaran Wayang kulit dengan lakon “Sesaji Raja Surya.”

“Formasi arak-arakan dibagian depan terdiri dari ganong tani, Demang, panjang ilang, pasukan sesaji, sesaji,dan paling belakang peserta arak-arakan dari koramil 01-12 dan pemuda tani pacitan 112 Orang dengan rute arak-arak start diarea lapangan kodim dan berjalan di lahan pertanian milik kodim 0801/Pacitan,”katanya.

Pewarta: Wahyu Sapto Hartono
Penyunting: Dwi Purnawan