Hitung Cepat KPU, Khofifah-Emil Menang Telak di Pacitan

oleh -1 Dilihat
Khofifah-Emil. (Foto: Dok Tim Media Khofifah-Emil)

Pacitanku.com, PACITAN – Pasangan calon Gubernur nomor urut 1 Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak menang telak di kampung halaman Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan.

Berdasarkan hasil hitung cepat dari laman KPU RI yang dikutip Pacitanku.com pada Kamis (28/6/2018) di Pacitan, Khofifah-Emil meraup 230.168 suara persentase 74,4 persen.

Sementara paslon nomor urut 2 Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno meraup 79.280 suara atau 25,6 persen. Adapun total suara sebanyak 315.903 dengan rincian suara sah 309.298 dan suara tidak sah 6.552.

Baca juga: Hasil Quick Count: Khofifah-Emil Menangi Pilgub Jatim

Hasil hitung cepat KPU RI Pilgub Jatim

Jumlah pemilih Pilgub Jatim di Pacitan sendiri berdasarkan laman KPU RI tersebut sebanyak 461.048 dengan jumlah pengguna hak pilih sebanyak 316.099 pemilih atau dengan partisipasi sebanyak 68,6 persen.

Sebelumnya diberitakan di Pacitanku.com Khofifah-Emil memenangi Pilgub Jatim versi hitung cepat lembaga survei atau quick count.

Data yang dihimpun juga menunjukkan Khofifah-Emil unggul di sebagian besar daerah di Jawa Timur berdasarkan hitung cepat Indikator Politik Indonesia. Selain di Pacitan, Khofifah-Emil juga unggul di Tuban, Bojonegoro, Gresik, Jombang, Kediri, Trenggalek, Sumenep, Lamongan, Sidoarjo, Probolinggo dan Surabaya.

Untuk Kota Surabaya, berdasarkan hitung cepat itu, Khofifah-Emil unggul dengan perolehan suara 54,74 persen, sementara pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno mendapatkan suara sebesar 45,26 persen.

Namun, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno unggul di daerah lain, di antaranya Kota dan Kabupaten Malang, Magetan, Tulungagung, Sampang dan Banyuwangi.

Data yang masuk ke Indikator Politik Indonesia sudah 100 persen dengan tingkat partisipasi pemilih atau “voter turn out (VTO) sebanyak 62,05 persen, “margin of error” sebesar 1,32 persen. Hasilnya adalah Khofifah-Emil 53,63 persen dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno 46,37 persen.

Selain Indikator, berdasarkan hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pasangan Khofifah-Emil yang didukung Partai Demokrat, Partai Nasdem, PAN, Partai Hanura, Partai Golkar dan PPP itu unggul dengan angka 54,14 persen suara.

Sementara Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno yang didukung PDI-P, Gerindra, PKB dan PKS memperoleh 45,86 persen suara. Namun demikian, hitung cepat dari lembaga-lembaga survei tersebut bukan hasil akhir dari Pilkada Jatim, melainkan masih menunggu rekapitulasi hasil suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga 9 Juli 2018.

Pewarta: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.