Polisi Siapkan 353 Personel Amankan Pilgub Jatim di Pacitan

oleh -131.427 views
SIAP AMANKAN PILGUB. Kapolres Pacitan memberikan arahan saat gelar pasukan jelang PIlgub Jatim 2018. (Foto: Wahyu Sapto Hartono/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepolisian Resor Pacitan (Polres Pacitan) menyiapkan sebanyak 353 personel untuk mengamankan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada 27 Juni 2018.

“Di Pilgub Jawa Timur 2018, wilayah Pacitan ada 993 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan Polres Pacitan sebanyak 353 Personil dibantu kodim 0801/ Pacitan akan stand by di Mapolres Pacitan,”kata Kepala Polres Pacitan AKBP Setyo Koes Heriyatno saat menyampaikan arahan dalam Apel Pergeseran Pasukan Oprasi Kepolisian Mantap Praja Semeru 2018 dalam rangka Pengamanan  Pilkada Jatim 2018, Senin (25/6/2018) di Mapolres Pacitan.

Saat memberikan arahannya, dia mengatakan bahwa Polri yang diberi kewenangan berdasarkan undang-undang dibantu TNI dan unsur lainnya turut mensukseskan Pilgub Jatim tahun 2018.

“TNI-POLRI harus netral sesuai dengan undang-undang tugas kita adalah menyukseskan terlaksananya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim tahun 2018,”ujarnya.

Secara khusus, Setyo meminta seluruh elemen bisa waspadai kerawanan-kerawanan dalam Pilgub Jatim 2018. “Laporkan bila ada hal-hal menonjol yang terjadi, waspadai kerawanan-kerawanan yang terjadi sehingga kita bisa mengambil tindakan-tindakan dilapangkan agar segera bisa diselesaikan,”pungkasnya.

Baca juga: Polres Pacitan Siagakan 2 Anggota di Tiap TPS Amankan Pilgub Jatim

Para personel yang diturunkan untuk mengamankan jalannya Pilgub Jatim pada Rabu 27 Juni mendatang tersebut terdiri dari satuan PA Polres, KBO dan Kanit Polres, Sabhara, Intelkam serta satuan Kodim 0801/Pacitan.

Sebelumnya, saat Rapat Koordinasi Dan Sinkronisasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Jatim pada Jumat (22/6/2018) Kapolres sendiri mengatakan bahwa pola pengamanan saat pemungutan suara Pilgub Jatim akan disiagakan dua anggota Polres dan Linmas di tiap TPS.

Di total 993 TPS di seluruh Kelurahan dan Desa di Pacitan, kata dia, anggota Polres sudah stand by untuk mengamankan jalannya proses pemungutan suara Pilgub Jatim.“Kita yakinkan tanggal 27 Juni 2018 seluruh TPS sudah siap untuk Pilgub Jatim 2018, kita yakinkan anggota Polres H-2 sudah ada di masing masing TPS,”ujarnya.

Pilgub Jatim yang digelar pada 27 Juni 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut 1, dan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2.

Pasangan nomor 1 merupakan usungan dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura, dan NasDem. Sedangkan pasangan nomor 2 didukung dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS, dan Gerindra.

Pewarta: Wahyu Sapto Hartono
Penyunting: Dwi Purnawan