Jalur ke Klayar Macet Hingga 2 Km, Rumah Warga Mendadak Jadi Penginapan

oleh
RAMAI. Jalur wisata ke Pantai Klayar ramai dipadati kendaraan. (Foto: Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Antrean kendaraan menuju ke kawasan wisata Pantai Klayar di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo pada libur Lebaran 1439 H cukup padat.

Bahkan pada Minggu (17/6/2018) siang WIB, antrian kendaraan mencapai 2 kilometer dari arah Kecamatan Punung menuju Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

Rangkaian kendaraan ini menyebabkan kemacetan panjang di jalur menuju ke Pantai Klayar tersebut.

“Betul, kemarin macet panjang sekitar 2 kilometer, sampai Balai Desa Sendang,” ujar anggota relawan Senkom Mitra Polri Pacitan Wildan Nur Swi Harmoko saat dihubungi Pacitanku.com pada Senin (18/6/2018) di Pacitan.

Untuk diketahui, kawasan wisata jalur Puncak pada libur Lebaran cukup menarik perhatian masyarakat. Hal itu bisa dilihat dari volume kendaraan dari arah Jakarta menuju ke Pantai Klayar sejak Minggu pukul siang dari arah Kecamatan Punung.

Hingga Minggu sore atau Lebaran ketiga, kemacetan juga terjadi di hingga simpang tiga Pantai Klayar. Kendaraan didominasi roda dua dan roda empat.

Akibat kemacetan tersebut, penginapan di pantai yang terkenal dengan seruling Samudera tersebut dipadati pengunjung. “Malamnya penginapan full, bahkan rumah warga di Dusun Kaliaren, Desa Sendang dijadikan penginapan juga,”ujarnya.

Dia menyarankan wisatawan yang hendak ke Pantai Klayar di waktu libur Lebaran ini menggunakan moda transportasi roda dua.”Kalau ke Klayar enaknya pakai Sepeda Motor saja,”tandasnya.

Akibat kemacetan ini, sejumlah wisatawan yang hendak ke pantai tersebut terpaksa membatalkan. “Aku muter bali, tidak jadi ke ke Klayar, jam 10.30 WIB macetnya sudah 2 km,”kaya Anissa Putri, salah satu wisatawan yang hendak ke Pantai Klayar.

Sementara, salah satu warga setempat, Devi Liana Sary juga menyarankan wisatawan yang hendak ke Pantai Klayar selalu berhati-hati dan tidak ngebut.

“Tolong dong dihimbau selalu untuk tidak ugal-ugalan ke arah klayar, saya sendiri asli orang klayar sampek takut mau naik motor keluar rumah, seakan jalannya milik sendiri,”kata Devi kepada Pacitanku.com.

Jika Anda ingin terhindar dari kemacetan di jalur menuju ke Pantai Klayar, Puncak, ada cara yang bisa dilakukan. Yang pertama, cek kondisi kendaraan sebelum berangkat, jangan sampai mogok di jalan karena akan memperparah antrian.

Kemudian, yang kedua, wisatawan diharap bersabar antri, jangan menyalip antrian didepannya, karena kalau bersinggungan/kres dari arah berlawanan bisa stuck dan memperparah kemacetan.

Pewarta/Penyunting: Dwi Purnawan