Pemudik Gratis Pemprov Jatim Mulai Datang ke Pacitan

oleh
MUDIK GRATIS. Bus mudik Lebaran gratis Pemprov Jatim tiba di Pacitan. (Foto: Bambang Setyo Utomo/MDMC)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Sebanyak 4.661 warga Jatim yang merantau di Surabaya dan sekitarnya mengikuti mudik gratis yang digelar Pemprov Jatim. Mereka diberangkatkan dari Kantor Dishub Jatim Jalan Frontage Barat A Yani pada Selasa (12/6/2018) kemarin.

Berdasar pantauan dari posko mudik Muhammadiyah di kawasan Masjid Baitusshomad Tegalombo, sebanyak enam bus besar yang mengangkut para pemudik ke Pacitan mulai berdatangan pada Selasa (12/6/2018) sore WIB.

Kepala Dinas Perhubungan Jatim Wahid Wahyudi saat berbincang dengan wartawan mengatakan bahwa rombongan mudik gratis tersebut diberangkatkan sebanyak dua gelombang karena meningkatnya pemudik.

Peningkatan minat mudik gratis di Jatim menjngkat 8,2 persen. Total bus yang dikerahkan untuk mudik gratis meningkat dari sebelumnya 530 unit menjadi 560 unit bus. Jumlah penumpang yang mudik gratis meningkat dari tahun lalu sebanyak 59.950 penumpang naik menjadi 64.00 penumpang.

Tidak hanya melalui Dinas Perhubungnan. Mudik gratis juga disebar di sejumlah instansi dan kantor pemerintahan lain. Termasuk ke kampus, BUMN, PWNU hingga minimarket. Mudik gratis melalui Dishub Jatim akan diberangkatkan pada 12 dan 13 Juni 2018.

Semua pemudik akan diantarkan ke seluruh kota dan kabupaten yang ada di Jatim. Sebanyak 20 kota jurusan seluruh Jatim dilalui mudik gratis. Mulai dari Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Treanggalek, Kedoiri, Malang, Banyuwangi, Jember, Bojonegoro, Tuban, hingga Madura.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Pacitan Wasi Prayitno kepada Pacitanku.com mengatakan bahwa bus yang merupakan armada mudik gratis ke Pacitan sebanyak 22 bus, sedangkan bus untuk arus balik sebanyak 12 armada bus.

“Untuk pemberangkatannya di Surabaya pada 12 Juni, kemudian dari Pacitan untuk arus balik ke Surabaya pada 20 Juni, dan ternyata sejak dibuka online pekan lalu, dari sisa 34 seat yang kami buka di Pacitan hari Senin (21/5/2018) lalu, langsung habis,”katanya. (RAPP002)