Sentono Gentong Ditutup Mulai Sabtu, Lebaran Buka Lagi

oleh
Kawasan Wisata Sentono Genthong Pacitan (Foto: Frendi Setiawan Pradikdo)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Obyek wisata alam yang sedang ngehits, Sentono Gentong dipastikan ditutup sementara mulai Sabtu (19/5/2018) mendatang. Obyek wisata yang tengah populer tersebut direncanakan buka lagi pada akhir bulan Ramadhan dan Lebaran.

Salah satu warga Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku, Rina Susiantri saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Kamis (17/5/2018) membenarkan bahwa kawasan wisata tersebut ditutup sementara.

Baca juga: Amazing, Sensasi Matahari Terbit dari Puncak Sentono Genthong Pacitan

Dia menyebut penutupan tersebut akan dilakukan selama 25 hari selama bulan Ramadhan. “Penutupan hanya dilakukan sementara agar pekerja bisa menyelesaikan pengerjaan area tersebut, seperti jalan dan sebagainya,”katanya.

Perempuan yang juga Wakil ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Paralayang Pacitan mengatakan bahwa beberapa fasilitas yang diperbaiki seperti gasibu, area MCK, akses jalan dan beberapa fasilitas pelengkap lainnya.

Baca juga: Menikmati Keindahan Panorama Pacitan dari Sentono Genthong

Sebagaimana diketahui, kawasan wisata Sentono Gentong yang terletak di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku ini menjadi populer mulai awal Mei 2018. Bahkan kawasan ini juga digunakan untuk menggelar Liga seri 3 Paralayang Jawa Timur.

Baca juga: Serunya Liga Seri 3 Paralayang, dari Sentono Gentong Hingga Pantai Teleng Ria

Adapun, letak Sentono Genthong ini berada di atas bukit jurang kars. Jika Anda berkunjung ke kawasan tersebut, puncak bukit karang yang dulunya adalah petilasan atau tempat pertapaan ini menyajikan panorama alam yang memesona.

Dan dengan harga tiket hanya Rp 10 ribu (per Mei 2018), Anda dapat menikmati kawasan wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dadapan, Kecamatan Pringkuku ini.

Rute yang bisa Anda lalui untuk menuju ke Sentono Genthong bisa melalui jalur bus di Pacitan-Solo, sesampai di Desa Dadapan, sebelum pertigaan Anda bisa mengikuti jalur menurun ke kanan jalan hingga menuju ke kawasan wisata Sentono Gentong.

Jaraknya, sekitar 20 meter sebelah selatan Balai Desa Dadapan, Pringkuku ke arah kiri atau timur. Atau jika ditempuh dari arah Pacitan, bisa melewati setelah 10 meter rumah Kepala Desa Dadapan.
Rute menuju kawasan ini bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan roda empat, namun demikian mesti hati-hati karena jalanan yang dibangun baru rabatan dan bukan jalan aspal. (RAPP002)