Pemasaran Digital Efektif untuk Promosikan Pariwisata

oleh
PROMOSIKAN WISATA. Founder Pacitanku.com saat memaparkan efektivitas digital marketing. (Foto: Dok. Disporapar Jateng)

Pacitanku.com, SEMARANG – Konsep pemasaran digital atau digital marketing sangat efektif untuk mempromosikan bisnis dan pariwisata di daerah. Hal tersebut disampaikan oleh founder Pacitanku.com saat berbagi dalam “Creative Marketing” yang digelar oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Daya Karya, Sabtu (21/4/2018) di Hotel Kesambi Hijau, Kota Semarang.

“Digital marketing merupakan strategi yang wajib diterapkan setiap bisnis yang ingin bertahan di tengah dinamisnya perkembangan teknologi digital saat ini, salah satunya adalah promosi bisnis pariwisata. Jika dulu perusahaan banyak mengandalkan televisi, radio, telepon, dan baliho, kini Anda dapat memanfaatkan media sosial dan mesin pencarian untuk mengenalkan produk,”katanya.

Salah satu keuntungan pemasaran digital atau digital marketing, kata dia, tidak hanya efektif dalam menjaring traffic dan konversi, tapi juga lebih efisien jika ditinjau dari segi biaya.

“Biaya content marketing ini lebih terjangkau dibanding memasang iklan di televisi. Berdasarkan survei yang dilakukan sejumlah pakar digital marketing, content marketing lebih hemat biaya tiga kali lipat dibanding metode marketing tradisional,”ungkapnya lagi.

Untuk itu, para pegiat pariwisata lokal harus mempromosikan dan memasarkan daya tarik wisata dengan menggunakan media digital.

“Aktivitas digital marketing yang dilakukan bisa melalui website, social media, online advertising, email direct marketing, dan ini kami kira dalam hal measurement atau tolak ukur keberhasilan dari sebuah strategi,”jelasnya.

SIAP PROMOSI WISATA. Para alumni pelatihan creative marketing usai digembleng pelatihan digital marketing. (Foto: Dok Disporapar Jateng)

Dalam pelatihan “Creative Marketing” tersebut, sebanyak 50 peserta dari se-eks Karesidenan Semarang juga diajak untuk berlatih menulis feature, berlatih fotografi dasar bersama fotografer Toekangpoto Teguh Prasetyo dan berlatih konsep video dasar bersama praktisi video Azzam Hanif Adin dari Joglopothonetwork.

Beberapa teknik dasar fotografi, menulis dan videografi dipelajari oleh para peserta dengan harapan mampu mempromosikan dan mengemas pariwisata lokal dengan lebih baik melalui konten foto, tulisan maupun video.

“Untuk materi fotografi dasar, para peserta kami ajak untuk mengenali dasar-dasar fotografi, apa itu angle, komposisi, hingga cara pengambilan foto terbaik,”kata Teguh, salah satu narasumber dalam acara tersebut.