Dishub Jatim Kembali Gelar Mudik Gratis Lebaran, ini Cara Daftarnya

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, SURABAYA – Dinas Perhubungan Jawa Timur menggelar mudik gratis Lebaran dan pendaftaran mulai dibuka pada 18 Mei 2018. Sedang berangkatnya sekitra H-4 Lebaran  dari Kantor Dishub Jatim di Surabaya.

Kabid Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishub Jatim, Isa Ansori menuturkan bahwa  mudik gratis naik Bus AC dan nyaman. “Pelaksanaan mudik gratis dijadwalkan 12 dan 13 Juni 2018. Hari Raya Idul Fitri diperkirakan 15 atau 16 Juni 2018,” ucap Isa kepada wartawan, Minggu (15/4/2018).

Sesuai jadwal mudik gratis yang telah disusun, pendaftaran dibuka 18 Mei 2018 sampai habis. Ini berlaku untuk moda bus dan Kereta Api serta angkut motor gratis. Selain itu ada pula mudik gratis naik kapal laut ke wikayah Kepulauan di Jatim. Pendaftaran khusus kapal dibuka 28 Mei – 23 Juni 2018.

Khusus mudik gratis naik busa akan diberangkatkan dua gelombang. Yakni pada Rabu (12/6/2018) dan Kamis (13/6/2018). Akan ada ratusan bus yang dikerahkan gratis mengangkut pemudik hingga ke semua kota di seluruh Jatim.

Isa menyebutkan bahwa akan ada puluhan ribu pemudik yang akan memanfaatkan mudik gratis itu. Untuk moda bus akan bertolak dari Kantor Dishub Jatim JL A Yani Surabaya.

Warga Jatim yang saat ini bekerja atau merantau di Kota Surabaya bisa menikmati layanan mudik gratis. Pelaksananya adalah Diahub Jatim menggandeng semua stake holder dan Organda Jatim.

Tidak hanya moda bus, KA dan kapal juga berlaku mudik gratis. Bahkan mudik gratis juga berlaku untuk angkut motor mudik gratis ke kota tujuan. “Seluruh kota dan Kepulauan di Jatim,” urai Isa.

Total ada 20 kota tujuan mudik gratis. Yakni Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo, Treanggalek, Pacitan, Kediri, Blitar, Pare, dan Tulungagung.  Kemudian Situbondo, Bondowoso, Banyuwngi, Probolinggo, dan Jember. Selain itu, Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro.