BPS Gelar Sosialisasi Penyusunan Disagregasi PMTB Pacitan

oleh
Bupati Pacitan saat membacakan pidato dalam koordinasi survei BPS. (Foto: Angga/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pusat Statistik secara nasional melaksanakan kegiatan survei penyusunan disagregasi pembentukan modal tetap bruto (PMTB). Untuk menyukseskan hal tersebut BPS Kabupaten Pacitan menggelar koordinasi dan sosialisasi di Hotel Srikandi Jalan Ahmad Yani 60 pada Kamis (12/4/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Pacitan Indartato mengatakan bahwa salah satu dari 10 prioritas nasional adalah pengembangan dunia usaha dan pariwisata. Dengan program-program diantaranya adalah pengembangan daerah wisata, industri, kawasan khusus ekonomi dan peningkatan ekspor.

“Sehingga, untuk mengukur keberhasilan pembangunan di bidang ekonomi digunakan ukuran pertumbuhan ekonomi, tahun 2016 pertumbuhan ekonomi Pacitan sebesar 5,21 persen,”katanya.

Dia mengatakan bahwa banyak komponen yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi dari perhitungan PDRB. Diantaranya adalah besaran Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB).

“Tahun 2018 BPS Pacitan akan mengadakan Survei Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal tetap Bruto (PMTB) 2018, akan mendata institusi baik dalam skala rumah tangga, lembaga non profit perusahaan dan lembaga pemerintah,”jelasnya.

Dia mengatakan bahwa PMTB diperlukan untuk melihat pelaku ekonomi yang melakukan investasi, investasi yang dilakukan oleh eprusahaan industri serta nilai investasi dan stok barang modal yang ada pada suatu institusi. “Survei ini sebagai pendukung dalam penyusunan PDRB Pengeluaran,”katanya lagi.

Petugas akan mendatangi beberapa perusahaan dan OPD untuk mendapatkan pendataan mengenai barang modal yang dimiliki, baik penambahan maupun pengurangan yang terjadi di tahun 2016 dan 2017, dari survei tersebut akan didapatkan beberapa indikator investasi yang akan dikelompokkan menurut institusi dan lapangan usaha.

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati Pacitan menghimbau kepada semua pihak untuk mendukung kegiatan survei penyusunan disagregasi PMTB yang akan dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Pacitan mendatang dengan memberikan jawaban secara jujur dan transparan.

“Saya instruksikan kepada kepala OPD, Pimpinan Perushaan Pimpinan Lebaga Non Profit di wilayah Pacitan untuk memberikan jawaban yang benar serta faktual dalam pendataan survei PMTB,”pungkasnya.

Dalam sosialisasi tersebut hadir Kepala Bappeda Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra, Kepala BPS Pacitan Bagyo Trilaksono, serta para peserta dari Dinas dibawah Pemkab Pacitan dan para pengusaha di Pacitan. (Angga/Dwi)