Menteri PUPR: Jembatan Grindulu Dukung Pertumbuhan Ekonomi Pacitan

oleh -132.753 views
Jembatan Grindulu Pacitan (Foto @iqbaal_malik/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut Jembatan Grindulu yang terletak di Kecamatan Pacitan kota akan mendukung pertumbuhan ekonomi di Pacitan.

“Keberadaan jalan akses  menuju Pelabuhan Barang dan Niaga di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan ekonomi Pacitan khususnya dan kawasan Selatan Jawa pada umumnya,”katanya akhir pekan ini saat berkunjung ke Pacitan.

Dia mengungkapkan bahwa Jembatan Grindulu yang dibangun sejak tahun 2015 dan telah rampung bulan Desember 2017 atau lebih cepat dari rencana semula tahun 2018. Jembatan Grindulu membentang pada ruas Jalan Pantai Selatan (Pansela) antara Ploso-Sirnoboyo di Kabupaten Pacitan.

Dia mengungkapkan bahwa Kondisi jalan Pansela yang baik juga mendukung pengembangan kawasan wisata di Pacitan yang terkenal dengan pantai dan goa nya eksotik, seperti Pantai Soge dan Goa Gong. “Walaupun kondisi jalan sudah mulus, namun kehati-hatian para pengendara tetap diperlukan,”ujarnya lagi.

Sebagai informasi, jembatan Grindulu memiliki panjang 750 meter dan menghabiskan anggaran Rp 211 miliar oleh kontraktor PT. Nindya Karya.

Rencananya jalur ini akan difungsikan sebagai percepatan akses perekonomian penunjang pembangunan Pelabuhan Barang dan Niaga di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan. Meskipun, saat ini proses pembangunan pelabuhan tersebut masih terkendala akses jalan yang dinilai masih terlalu tinggi. (RAPP002)