Banjir Bandang Sempat Putuskan Jalur Karangrejo-Karanggede di Arjosari

oleh
Kondisi kawasan Desa Karangrejo yang terdampak banjir bandang. (Foto: Syamsoel Hadi/Satpol PP)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Bencana alam banjir bandang kembali terjadi di Pacitan dan sempat memutuskan jalur dari Desa Karangrejo menuju Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari pada Jumat (23/2/2018) sekitar pukul 15.30 WIB.

Informasi dari relawan kebencanaan Pacitan menyebut bahwa banjir bandang tersebut terjadi di RT/RW 06/VI Gupit Dusun Wonosari Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari yang diakibatkan anak sungai Grindulu meluap.

Awalnya terjadi hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 12.00 siang dan sorenya menyebabkan banjir yang membawa material batu dari anak sungai grindulu meluap yang  mengakibatkan akses jalan penghubung Desa Karangrejo dan Desa Karangede tertutup material batu.

Jalur penghubung Desa Karangrejo dan Desa Karanggede  sempat tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun 4 karena material batu menutup akses jalan  selama sekitar dua jam.

Atas kondisi tersebut, Danramil, Babinsa bersama dengan Camat, anggota Bhabinkamtibmas Kecamatan Arjosari serta Satpol-PP Pacitan didampingi Kasatgas Linmas Desa Karangrejo meninjau lokasi kejadian serta memasang tanda bahaya dan berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk membuka akses jalan.

Pukul 17.30 WIB, akses jalan yg tertutup total sudah terbuka dan bisa dilalui baik roda dua maupun roda empat dengan menggunakan alat berat milik Dinas PUPR Kabupaten Pacitan.

Sebagai informasi, kawasan Desa Karangrejo merupakan daerah langganan banjir. Setidaknya sudah terjadi dua kali banjir di kawasan tersebut pada tahun 2018 ini.