Bupati Nyekar ke Makam Cikal Bakal Pacitan Jelang Hari Jadi ke-273

oleh
Sejumlah pejabat nyekar di cikal bakal Pacitan pada Kamis (15/2/2018). (Foto: Wahyu S/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan melakukan tradisi ziarah atau nyekar kepada salah satu cikal bakal Pacitan di makam Kanjeng Jimat di Desa Tanjungsari, Kecamatan Pacitan pada Kamis (15/2/2018).

Bupati menyebut bahwa adanya Pacitan di masa sekarang tidak terlepas dari kemarin dan dahulu. Dia mengatakan bahwa pemberian penghormatan kepada Kanjeng Jimat, Tumenggung Notopuro, dan Setroketipo karena merupakan pendahulu.

Dalam kesempatan tersebut, Indartato mengatakan bahwa pemkab memang tidak menggelar perayaan seperti semeriah tahun lalu.

“Tetapi lebih kepada kegiatan untuk mendekatkan diri kepada Sang Khaliq. Sebab tahun lalu Kabupaten Pacitan dilanda bencana alam berupa banjir bandang dan tanah longsor yang merenggut 25 korban jiwa,”katanya.

Selain makam Kanjeng Jimat di Giri Sampurno, ziarah juga dilaksanakan di makam Setroketipo di pemakaman Wonokitri Desa Widoro dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo. Di makam Tumenggung Notopuro di Desa Kembang, Wakil Bupati Yudi Sumbogo dan Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan, Rusli serta rombongan maupun warga sekitar juga melakukan hal serupa.

Dia menyebut peringatan hari jadi merupakan wujud rasa syukur dari pemerintah dan masyarakat. “Kita harus pahami juga nilai sejarah. Untuk dijadikan semangat dalam pengabdian kepada masyarakat dan daerah,” katanya.

Pewarta: Wahyu S
Penyunting: Dwi Purnawan