Ini Strategi Pemkab Pacitan Atasi Kelangkaan Pupuk

oleh -131.480 views
Pupuk di Pacitan alami kelangkaan. (Foto : hargapupukdolomite.com)
Pupuk di Pacitan alami kelangkaan. (Foto : hargapupukdolomite.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan memiliki strategi khusus untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk yang kerap menjadi kendala para petani.

Bupati Pacitan Indartato saat menyampaikan arahan dalam Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan pada Rabu (7/2/2018) di Gedung Karya Dharma, Jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 8 Pacitan mengatakan bahwa saat ini kelangkaan pupuk menjadi salah satu kendala dalma peningkatan hasil pangan.

“Banyak kendala yang kita hadapi terkait peningkatan hasil pangan salah satunya adalah pupuk, dimana pada saat pemupukan petani harus dihadapkan dengan kelangkaan pupuk, ini yang harus kita cari solusi,”katanya.

Kepala Dinas Pertanian Pacitan Pamuji dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya kelangkaan pupuk bersubsidi di Pacitan. “Kami mohon maaf kepada petani dan masyarakat bahwa Pupuk bersubsidi tidak bisa memenuhi semua kebutuhan pupuk kepada petani,”katanya.

Dia mengatakan ada beberapa tawaran solusi sementara yang dicanangkan untuk mengatasi kelangkaan pupuk di Pacitan, diantaranya mengalihkan pupuk bersubsidi kepada daerah atau desa di Kecamatan lain, bagi pupuk yang sudah disalurkan ke kios dan tidak terserap petani.

“Selain itu, solusi lain adalah kita sudah mengupayakan untuk petani agar menggunakan pupuk organik untuk mengatasi kelangkaan pupuk,”ujarnya.

Pamuji juga mewanti-wanti agar Kepala Desa peka terhadap kebutuhan pupuk yang dihadapi warganya masing-masing.

“Kita harapapkan kepada para Kepala Desa untuk peka terhadap kebutuhan pupuk warganya, jangan sampai nanti ada kendala penumpukan pupuk dan kekurangan pupuk di kios – kios yang sudah ditetapkan,”pungkasnya.

Pewarta: Wahyu S
Penyunting: Dwi Purnawan