Cuaca Buruk, Nelayan Watukarung Pilih Tak Melaut

oleh -131.674 views
Nelayan di perairan Pantai Watukarung.

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Akibat cuaca buruk saat ini, nelayan di Pantai Ngalur Ombo, Dusun Ketro, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan memilih tidak melaut terlebih dahulu. Sebab, dengan kondisi cuaca buruk yakni ombak tinggi yang berpotensi membahayakan para nelayan.

Informasi dari Syamsoel Hadi, relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Pacitan pada Rabu (7/2/2018) dini hari WIB, hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang di kawasan tersebut membuat para nelayan yang baru saja turun melaut akhirnya kembali ke pantai. Hal tersebut dikarenakan dan angin sangat kencang di lautan.

Sementara, berdasarkan pantauan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, kondisi cuaca tersebut diprediksi akan berlangsung hingga Rabu pagi dan hujan ringan hingga sedang tidak merata masih berpotensi terjadi di Pacitan.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah mengimbau agar masyarakat semakin waspada terhadap bencana alam seperti hujan, banjir, longsor dan puting beliung yang diprediksi akan terjadi sepanjang Februari 2018.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sejumlah bencana alam akan semakin meningkat selama Februari 2018 seperti banjir, longsor dan puting beliung di seluruh wilayah Indonesia. ‎

“Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan sepanjang bulan ini karena Februari ini adalah puncak hujan dan berpotensi banjir, longsor, dan puting beliung,” katanya dalam keterangan pers, Senin (5/2/2018). (RAPP002)