DPR Dorong Percepatan Recovery dan Normalisasi Pacitan Pasca Bencana

oleh
Anggota Komisi V DPR RI saat meninjau kondisi Desa Kembang Pacitan pasca bencana. (Foto: Rachma)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota Komisi V DPR RI Gatot Sudjito meminta adanya percepatan recovery masyarakat dan normalisasi Pacitan pasca bencana alam banjir dan tanah longsor yang terjadi pada selasa (28/111/2017) hingga Rabu (29/11/2017) lalu.

Hal tersebut ditegaskan Gatot saat melakukan kunjungan kerja spesifik pasca bencana alam banjir dan tanah longsor di Pacitan pada Selasa (5/12/2017) di Markas Komando Bencana Pacitan, Kampus AKN Pacitan, Jalan Walanda Maramis Kelurahan Sidoharjo Pacitan.

“Yang masih kita terus diupayakan bagaimana mengendalikan air dan sebagainya, kemudian perlu adanya recovery perhatian terhadap para korban, mereka sendiri alhamdulillah, tadi pak Bupati bilang bahwa semangat kegotong royangan menyatu setelah adanya bencana ini, ini menjadi kekuatan untuk recovery,”katanya.

Kemudian, kata Gatot, pihak terkait dari mitra Komisi V DPR RI perlu mencatat dan meneliti bagaimana kondisi infrastuktur di Pacitan pasca bencana.

“Apakah jalan-jalan, saluran, sungai maupun tanggul mungkin ada pendangkalan, sehingga perlu ada normalisasi kembali, karena saluran air itu menjadi urat nadi menunjang perekonomian masyarakat, kalau bisa ada anggaran yang bersifat darurat harus dipakai untuk hal tersebut”jelasnya.

Lebih lanjut, politisi Partai Golongan Karya ini meminta pihak terkait pembangunan harus disegerakan agar kehidupan masyarakat Pacitan kembali normal kembali.

“Pelaksanaan pembangunan untuk normalisasi pembangunan di Pacitan bisa dilaksanakan bersama, saya yakin Pemerintah pusat pasti akan memperhatikan persoalan bencana di Pacitan,”ungkapnya.

Dia mengungkapkan bahwa bencana alam yang terjadi di Pacitan akibat curah hujan yang sangat tinggi, sehingga daya tampung tanah tidak mampu menyerap.

“Karena persoalan itu ada korban jiwa, recovery masyarakat harus dilakukan, pemerintah pusat harus memberikan dukungan,”tukasnya.

Salah satu yang menjadi contoh, kata Gatot, adalah saat dirinya bersama Komisi V mengunjungi salah satu kawasan terdampak bencana, yakni Desa Kembang Pacitan.

“Perlu adanya konsolidasi normalisasi keadaan di Desa Kembang, karena kalau seperti ini kondisinya jalannya pemerintahan akan lumpuh karena peralatan seluruhnya hilang karena banjir,”kata Gatot.

Menurutnya, seluruh komponen harus memberikan dukungan kepada Pemkab Pacitan, melakukan langkah recovery dan normalisasi kondisi dan langkah antisipasi perbaikan infrastuktur, seperti waduk, saluran air dan sebagainya.

“Kalau normalisasi ini bisa dilakukan maka recovery masyarakat Pacitan akan dilakukan dnegan baik,”pungkasnya. (Rachma/DwiP)