Ketersediaan Pangan di Pacitan Jadi Persoalan Bersama

oleh -131.710 views
Rakor ketahanan pangan di Pacitan pada Selasa (21/11/2017) kemarin. (Foto: Wahyu/SRW/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Ketua Harian Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Pacitan Suko Wiyono mengatakan bahwa persoalan ketersediaaan pangan merupakan masalah pelik

“Persoalan ketersediaaan pangan merupakan masalah pelik. Sehingga untuk mengatasinya harus dilakukan secara bersama-sama dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Seperti Dinas Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan, maupun instansi lainnya,”katanya saat membuka rapat koordinasi di gedung Karya Darma, Selasa (21/11/2017) kemarin.

Lebih lanjut, Suko mengatakan bahwa Bupati Indartato sangat mendukung kegiatan Rakor dalam rangka mengatasi masalah ketersediaan pangan.

“Termasuk PKK melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Paling tidak hal itu dibuktikan oleh Desa Nanggungan yang menyabet juara umum lomba KRPL tingkat Provinsi Jawa Timur,”ujarnya.

Dia mengatakan bahwa salah satu contohnya adalah Dinas Kesehatan terlibat karena berkaitan dengan kesehatan pangan.

“Mereka akan memastikan apakah makanan yang dikonsumsi masyarakat telah benar-benar aman. Termasuk ketersediaan di pasaran. Dalam hal itu adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan“Dengan demikian kerjasama antar OPD menjadi sangat penting,” tandasnya.

Selain itu, terkait cadangan pangan di tingkat desa, sesuai undang-undang 18/2012 tentang Pangan, Suko meminta pengelolaan lumbung desa dilakukan dengan baik. Demikian pula tentang akses serta distribusi.

“Dinas Pangan dan OPD terkait mohon segera melakukan identifikasi jumlah dan jenis komoditas pangan yang masuk ke Kabupaten Pacitan, ini penting untuk mengetahui stok dan ketersediaan pangan,” kata dia.

Sementara, Kepala Dinas Pangan Bambang Supriyoko berharap Rakor tersebut bisa meningkatkan koordinasi untuk pemantapan ketahanan pangan. Selain itu, dia juga berharap bahwa Rakor bisa mengavaluasi kebijakan ketahanan Pangan.

“Yang terpenting adalah kita bisa menetapkan langkah-langkah operasioanal dalam membangun katahanan pangan di Pacitan,”katanya.

Dalam Rakor tersebut, hadir juga Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Sekda Suko Wiyono, asisten 2 Pemkab Joni Maryono, Kadis Pangan Bambang Supriyoko, Bulog, Perwakilan Disperindag, Ketua HKTI dan perwakilan Kades. (Wahyu/RAPP002)