Puluhan Aktivis Pacitan Galang Dana untuk Rohingya

GALANG DANA. Puluhan aktivis Pacitan melakukan aksi solidaritas muslim Rohingya di Pacitan pada MInggu (10/9/2017).

Pacitanku.com, PACITAN – Puluhan elemen masyarakat yang mengatasnamakan aliansi umat peduli Rohingya menggelar aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk etnis Rohingya di Rakhine State, Myanmar pada Minggu (10/9/2017) di Pacitan.

Koordinator aksi Putro Primanto, dalam keterangan pers yang diterima Pacitanku.com mengatakan  Aliansi Umat Peduli Rohingya ini terdiri dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komsariat Pacitan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Pacitan, Risma SMKN 2 Pacitan, Ikatan Mahasiswa Muslim Pacitan (IMMP), Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Pacitan, dan IQRO’ Club Pacitan telah melakukan aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk Rohingya.

“Ini adalah sebagai bentuk pengamalan UUD 1945 bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan dan sila ke-2 Pancasila Kemanusiaan yang adil dan beradab,”katanya.




Dia mengatakan bahwa tragedi etnis Rohingya tersebut mengarah pada genosida terhadap etnis muslim Rohingya yang terjadi di Myanmar.

“Sehingga, kami menuntut organisasi internasional seperti PBB, ASEAN dan OKI untuk terus mengambil sikap sehingga Etnis Muslim Rohingya bisa segera mendapatkan pengakuan kewarganegaraanya dan bisa hidup aman dengan keyakinanya,”jelasnya.

Putro mengatakan pihaknya juga mengapresiasi sikap pemerintah Indonesia untuk terus melakukan diplomasi sehingga masalah krisis kemanusiaan di Myanmar ini bisa segera menemui titik terangnya. “Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat Pacitan untuk memberikan bantuan baik dana maupun do’a kepada muslim Rohingya,”tukasnya.

Selain melakukan aksi solidaritas, puluhan massa tersbeut juga menggalang dana di seputaran alun-alun Pacitan dan perempatan Penceng.

“Dana terkumpul Rp 5,89 juta dan diserahkan kepada Dompet Dhuafa Gerai MPZ Pacitan yang akan disalurkan kepada korban krisis kemanusiaan etnis muslim Rohingya di Myanmar, aksi solidaritas ini diharapkan bisa meringankan penderitaan muslim Rohingya dan menjadi keberkahan bagi donatur yang mendonasikan sebagian hartanya serta masyarakat Pacitan pada umumnya,”pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, etnis minoritas muslim Rohingya Myanmar kini menghadapi tindakan upaya genosida. Hampir 400 orang tewas di Myanmar barat laut pada pekan lalu, dalam sebuah serangan yang dilancarkan oleh gerilyawan terhadap sejumlah pos keamanan dan memicu serangan balasan dari pihak tentara. Badan-badan bantuan memperkirakan bahwa 73.000 warga Rohingya telah melarikan diri dari Myanmar ke negara tetangganya, Bangladesh, sejak kekerasan terjadi.

Editor: Dwi Purnawan

Aktivis Pacitan ALiansi KAMMI Rohingya

Posting Terkait