Gempa 5,1 Skala Richter Terjadi Barat Daya Pacitan, Tidak Berpotensi Tsunami

oleh -131.125 views
Ilustrasi gempa Pacitan. (Foto : IST)
Ilustrasi gempa Pacitan. (Foto : IST)
Ilustrasi gempa Pacitan. (Foto : IST)
Ilustrasi gempa Pacitan. (Foto : IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Gempa bumi kembali terjadi di perairan di sebelah selatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (20/7/2017) sekitar pukul 11.12 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa terjadi dengan kekuatan 5.1 Skala Richter di titik lintang 9.23 LS, bujur 110.41 BT dan di kedalaman laut 10 km.

Posisi gempa ini 135 km barat daya Kabupaten Gunungkidul, 140 km barat daya Kabupaten Pacitan, 145 km Tenggara Kabupaten Bantul, atau 159 km Tenggara Kota Yogyakarta.”Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” demikian pengumuman BMKG.




Sebelumnya, Kepala BPBD Tri Mujiharto Pacitan mengatakan bahwa intensitas gempa di perairan Pacitan terbilang cukup tinggi. Terutama, gempa yang berkekuatan di bawah 5 SR.  Kondisi itu juga dialami sejumlah daerah di selatan pulau Jawa karena pengaruh pergerakan  lempeng Indo-Australia.

“Frekuensi pergerakan di lempeng Indo-Australia memang tinggi. Wajar jika selalu ada catatan pergerakan hampir setiap hari di perairan selatan Indonesia. Setiap tahun ada pergeseran satu milimeter,” ujarnya.

Meski jaraknya terbilang dekat,  namun  Tri meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab kekuatan gempa hanya 4,2 SR. Tsunami baru berpotensi terjadi jika kekuatan gempa lebih dari 6,3 SR.