BPBD: Intensitas Gempa Berkekuatan Dibawah 5 SR di Perairan Pacitan Cukup Tinggi

oleh -131.387 views

Pacitanku.com, PACITAN – Gempa bumi kembali mengguncang wilayah perairan Kabupaten Pacitan, Rabu (19/7/2017). Titik pusat gempa terpantau berada 96 kilometer tenggara Pacitan.

Gempa berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR) itu berada di kedalaman sekitar 20 kilometer di bawah permukaan laut. “Tidak ada potensi tsunami,” kata Kepala BPBD Tri Mujiharto, dikutip dari Jawa Pos Radar Madiun.

Tri menuturkan, intensitas gempa di perairan Pacitan terbilang cukup tinggi. Terutama, gempa yang berkekuatan di bawah 5 SR.  Kondisi itu juga dialami sejumlah daerah di selatan pulau Jawa karena pengaruh pergerakan  lempeng Indo-Australia.




“Frekuensi pergerakan di lempeng Indo-Australia memang tinggi. Wajar jika selalu ada catatan pergerakan hampir setiap hari di perairan selatan Indonesia. Setiap tahun ada pergeseran satu milimeter,” ujarnya.

Lebih lanjut Tri Mujiharto mengungkapkan jika lokasi lempeng tersebut berada  sekitar 100 kilometer selatan Pacitan. Ini tidak jauh dengan lokasi gempa yang terjadi Rabu (19/7) kemarin.

Meski jaraknya terbilang dekat,  namun  Tri meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab kekuatan gempa hanya 4,2 SR. Tsunami baru berpotensi terjadi jika kekuatan gempa lebih dari 6,3 SR. “Yang perlu diingat, prinsip penyelamatan Triple 20. Jika ada gempa selama 20 detik, ada waktu 20 menit menyelamatkan ke ketinggian 20 meter,” jelasnya. (mn/naz/sib/JPR)