Pemudik Lebaran Padati Terminal Pacitan

oleh -101.573 views

Pacitanku.com, PACITAN – Suasana mudik lebaran sudah terasa di Kabupaten Pacitan. Ini terlihat dari peningkatan jumlah penumpang yang turun di terminal kota setempat sejak Jumat (23/6/2017) atau H-2 Lebaran.

Agus Winarno, Kasie Rekayasa Lalu-Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pacitan mengatakan bahwa arus kedatangan penumpang ada kenaikan, dan diprediksi puncak kenaikan penumpang terjadi pada Sabtu (24/6/2017).

“Memang ada kenaikan kedatangan penumpang. Akan tetapi tak begitu signifikan, sejak Kamis (22/3) volume kedatangan bus reguler dari segala jurusan memang terus bertambah. Dari Jakarta, tercatat sebanyak 38 armada, Surabaya 6 armada, Surakarta 30 armada dan Ponorogo 12 armada, sedangkan bus dari fasilitas mudik gratis tercatat sebanyak 14 armada,”jelasnya kepada wartawan.

Dia menuturkan bahwa puncak kedatangan penumpang di terminal terjadi H-1 Lebaran. “Puncak arus mudik akan terjadi besok pagi (Sabtu-red). Sebab saat ini puluhan bus yang menuju Pacitan masih tertahan kemacetan di tol Cikampek,”katanya lagi.

Data Dishub, tercatat rata – rata 353 penumpang terangkut 35 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang memasuki Terminal Pacitan. Sebaliknya bus antar kota dalam provinsi (AKDP) tidak begitu mengalami peningkatan jumlah penumpang.




Dalam sehari, penumpang bus AKDP ‘’hanya’’ 116 orang menggunakan 21 bus. Total jika dihitung sejak H-10 lebaran, Kamis (15/6) lalu, jumlah penumpang yang mudik baik menggunakan bus AKAP maupun AKDP mencapai 2.825 orang.

Rata-rata penumpang mudik yang menggunakan bus AKAP tiba dini hari. Itu lantaran waktu perjalanan yang memang cukup lama. Seperti misalnya, bus AKAP dari Jakarta. Perjalanan dari Jakarta hingga ke Pacitan memakan waktu sekitar 14 jam hingga 16 jam.

Peningkatan penumpang mudik yang tiba di Pacitan itu sudah termasuk penumpang yang menggunakan fasilitas mudik gratis. Karena dipastikan bakal terus meningkat, penambahan fasilitas pelayanan bagi para pemudik hukumnya wajib tersedia di terminal. Sejauh ini, sudah ada pos terpadu (gabungan dishub dan kepolisian) dan pos kesehatan di Terminal Pacitan.  (RAPP002/JPRM)