Kadin Diharapkan Bantu Entaskan Kemiskinan di Pacitan

oleh -131.135 views
Pelantikan Kadin Pacitan pada Senin kemarin. (Foto: Ronny Wahyono/FB)
Pelantikan Kadin Pacitan pada Senin kemarin. (Foto: Ronny Wahyono/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pacitan diharapkan ikut berperan menyejahterakan masyarakat, salah satunya adalah membantu mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Pacitan. Harapan tersebut disampaikan oleh Bupati Pacitan Drs H Indartato saat memberikan sambutan dalam pelantikan pengurus Kadin Pacitan periode 2016-2021 di Pendopo Kabupaten, Senin (6/3/2017) kemarin.

“Kami berharap Kadin ikut berperan menurunkan angka kemiskinan, Kadin harus menjadi jembatan antara kalangan usaha dan pemerintah. Dengan demikian kordinasi lebih mudah dilakukan, saat ini peran Kadin diperlukan dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Pacitan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Pacitan, Pacitan masih dihadapkan persoalan angka kemiskinan yang dengan prosentase 16,68 persen atau setara dengan 92.100 jiwa per tahun 2016.




Meski berhasil menurunkan angka kemiskinan sejak tahun 2010 yang berada di titik 19,2 persen, jumlah tersebut naik sedikit dibandingkan angka tahun 2014, dimana angka penduduk miskin di Pacitan sempat berada di titik 16,1 persen.“Kami juga meminta saran dan masukan dari Kadin untuk kinerja jajaran pemerintahan yang belum sepenuhnya baik. Sehingga masih perlu pembenahan,”harap Indartato lagi.

Namun demikian, meski angka kemiskinan di Pacitan naik, namun peta pertumbuhan ekonomi di Pacitan sudah terbilang cepat. Hal itu terbukti di sepanjang tahun 2010-2015, pertumbuhan ekonomi menyamai rata-rata Provinsi.

Sebagaimana diketahui, setelah kepengurusan tahun 2016 berakhir, pengurus periode 2016-2021 resmi dilantik. Kadin Pacitan sendiri diharapkan menjadi wadah dan wahana komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi dan advokasi pengusaha Pacitan, antara para pengusaha Pacitan dan pemerintah.

Kadin Pacitan juga diharapkan menjadi wadah aspirasi  mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah perdagangan, perindustrian, dan jasa dalam arti luas yang mencakup seluruh kegiatan ekonomi, dalam rangka membentuk iklim usaha yang bersih, transparan dan professional, serta mewujudkan sinergi seluruh potensi ekonomi Pacitan. (RAPP002)