Diterjang Longsor, 4 Rumah Warga Bandar dan Talud Rusak

oleh -131.277 views
Petugas BPBD dan Kepolisian memeriksa talud yang ambrol. (Foto: BPBD Pacitan)
Petugas BPBD dan Kepolisian memeriksa talud yang ambrol. (Foto: BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, BANDAR – Empat rumah di Desa Ngunut, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, rusak berat akibat diterjang tanah longsor, Senin (27/2/2017) sore. Material longsoran berupa lumpur dan bebatuan juga merusak talut di jalan masuk Dusun Bubakan, Desa Ngunut.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Pujono, mengatakan longsor disebabkan hujan deras di wilayah Kecamatan Bandar sejak Senin (28/2/2017) siang. Dia menuturkan, air hujan mengakibatkan tanah di tebing gembur hingga akhirnya longsor. sekitar pukul 15.30 WIB.

Material longsoran menghantam empat rumah yang ada di bawah tebing hingga menyebabkan bagian samping dan belakang rumah jebol. “Material longsoran menghantam bagian samping rumah hingga tembok belakang rumah jebol ,” kata Pujono saat dihubungi, Selasa (28/2/2017).




Akibatnya, empat rumah di Desa Ngunut rusak parah. Empat rumah rusak itu di antaranya milik Gianto warga Dusun Tawang, Siran warga Dusun Krajan, Sugiran warga Dusun Bubakan, dan Srianto, warga Dusun Krajan.

Pujono menuturkan kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Sementara kerugian dari bangunan talut yang rusak mencapai sekitar Rp 150 juta. “Informasi dari kades setempat, talut itu dibangun pada Agustus 2016 dan masih dalam masa pemeliharaan,” kata Pujono.n w

Pujono menuturkan, lokasi Desa Ngunut berada di wilayah perbukitan. Sementara ada banyak rumah warga di bawah tebing. Oleh sebab itu, di meminta kepada warga yang rumahnya di lereng atau bawah tebing agar waspada terutama pada musim penghujan.

Pujono mengatakan, saat ini petugas masih melakukan pendataan jumlah kerugian dan bangunan yang rusak akibat bencana alam itu. Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tanah longsor di Desa Ngunut.

Sementara itu, warga yang terdampak akibat longsor telah diberi bantuan berupa paket sembako. Pada Selasa pagi, petugas BPBD dibantu warga bergotong royong membersihkan material longsoran dan memperbaiki rumah yang rusak. “Kami masih inventarisasi kerusakan dan kebutuhan. Nanti bila ada yang kurang, akan kami berikan bantuan tambahan,” pungkasnya. (RAPP002/Surya)