Ini Hasil Festival Karawitan Tingkat SMA/SMK Hajatan ke-272

oleh -Dibaca 1.913 kali
Tim dari SMAN Tegalombo saat mendapatkan predikat sebagai penggarap gending terbaik dalam Festival Karawitan Hajatan ke 272. (Foto: IG Titin Puji Saputri)
Tim dari SMAN Tegalombo saat mendapatkan predikat sebagai penggarap gending terbaik dalam Festival Karawitan Hajatan ke 272. (Foto: IG Titin Puji Saputri)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 10 tim dari SMA/SMK se-Kabupaten Pacitan sukses menghibur para penonton dalam agenda Festival Karawitan dalam rangka Hari Jadi Pacitan (Hajatan) ke-272 pada Minggu (12/2/2017) kemarin.

Setelah memberikan penampilan terbaik, akhirnya grup karawitan Suko Laras SMAN 1 Ngadirojo berhasil meraih predikat sebagai juara umum dalam Festival Karawitan tahun ini. Selain juara umum, SMAN 1 Ngadirojo juga berhak menjadi penggarap gending terbaik pertama dalam festival tersebut.

Sementara, untuk kategori terbaik diraih grup karawitan grup Samekto Laras SMKN 2 Pacitan. Di posisi kedua adalah grup Dandang Gendhis 271 dari SMAN 1 Pacitan dan di posisi ketiga adalah grup karawitan Laras Kawertar SMKN 1 Pacitan.




Untuk kategori penggarap gending terbaik, di posisi pertama adalah grup karawitan Suko laras SMAN 1 Ngadirojo, di posisi kedua adalah Gemo Samanta Laras SMAN Tegalombo dan posisi ketiga di kategori ini adalah grup Aji Daya MA Negeri Pacitan.

Selain itu, hasil untuk kategori pesinden terbaik pertama, diraih sinden dari SMK 2 Pacitan, sinden terbaik ekdua adalah pesinden SMAN 1 Pacitan dan pesinden terbaik ketiga adalah pesinden dari SMK PGRI Donorojo.

Ketua Panita Festival Karawitan Widodo Taloga mengatakan bahwa Festival Karawitan akan memupuk kecintaan terhadap budaya sendiri.

“Terlebih di tengah maraknya infiltrasi budaya asing yang tidak semuanya sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Budaya lokal sekaligus menjadi benteng terhadap dampak negatif,  harapan saya generasi muda berperan di garda depan dalam ngleluri Budaya Jawa,”ungkap pria yang juga Panitera Pengadilan Negeri (PN) Pacitan ini.

Kegiatan yang terselenggara berkat kerja sama dengan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Pacitan ini berlangsung dua hari hingga Minggu (12/2/2017). Kegiatan ini diikuti 16 SMP dan 10 SMA se-Kabupaten Pacitan. (RAPP002)