Belasan Peserta Semarakkan Lomba Olahraga Tradisional Hajatan ke-272

oleh -1.002 views
Para peserta lomba egrang di Pacitan pada Minggu (12/2/2017). (Foto: Pemkab Pacitan)
Para peserta lomba egrang di Pacitan pada Minggu (12/2/2017). (Foto: Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Tak kurang dari 18 peserta dan 18 tim ikut menyemarakkan lomba olahraga tradisional dalam rangka Hari Jadi Pacitan (Hajatan) ke-272 yang digelar Minggu (12/2/2017) di alun-alun Pacitan.

Dalam lomba yang digelar berkat kerjasama dengan Forum Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) Pacitan dengan Pemkab Pacitan ini, sebanyak 18 peserta dan 18 tim ambil bagian dalam lomba Egrang dan lomba gobak sodor

Untuk lomba egrang, panitia menggelar lomba tingkat Kecamatan Kota. Medan becek akibat hujan tak menyurutkan semangat peserta yang seluruhnya pria. Beberapa kali peserta terpeleset lalu jatuh.

Namun tantangan itu tak menyurutkan semangat untuk berada di urutan terdepan. Sorak-sorai pendukung pun mewarnai tiap babak. Setelah melewati keseluruhan etape, peserta asal Desa Widoro sukses meraih juara pertama. Disusul Kelurahan Sidoharjo dan Desa Sedeng, masing-masing berada di urutan kedua dan ketiga.

“Untuk Hari Jadi Pacitan memang kita fokuskan untuk olah raga masyarakat. Nanti Insya Allah tahun 2018 para juara Lomba Olah Raga Masyarakat ini akan kita kirim mengikuti event di Jawa Timur,” kata panitia penyelenggara, Wuriyanto, sebagaimana dikutip laman Pemkab Pacitan.




Dia mengatakan bahwa event tahunan Hari Jadi menjadi momen yang tepat menggelar perlombaan. Pada saat bersamaan kegiatan yang diselenggarakan juga menjadi sarana menjaring pemain berprestasi.

“Mereka nantinya diharapkan mengharumkan nama Pacitan di kancah provinsi maupun nasional. Apalagi, cabang Olah Raga Masyarakat saat ini sudah mendapat pengakuan nasional,”katanya lagi.

Selain permainan tradisional egrang, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pacitan tahun ini juga dimeriahkan perlombaan Gobak Sodor. Sedikitnya 18 grup ikut andil dalam pertandingan yang berlangsung di halaman Pendopo Kabupaten. Mereka berasal dari unsur Tim Penggerak PKK Desa/ Kelurahan se-Kecamatan Pacitan.

Prestasi olahraga tradisional Pacitan sendiri cukup produktif. Terbaru, kontingen Pacitan berhasil meraih juara III olahraga tradisional Egrang dalam Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2016 di Kabupaten Tuban. Dalam invitasi tersebut, Pacitan mengakui keunggulan Kabupaten Sampang (juara I) dan Kota Malang (juara II). Namun Pacitan berhasil mengungguli Kabupaten Trenggalek (juara harapan I).

Dalam invitasi yang digelar pada Minggu (15/05/2016) tahun lalu, Pacitan juga sukses meraih prestasi juara III cabang olahraga eksibisi sumpitan, dibawah Kota Surabaya (juara I), Kabupaten Sidoarjo (juara II) dan diatas Kabupaten Tuban (harapan I). (RAPP002)