18 Tempat Paling Ngehits di Pacitan Tahun 2017

oleh -Dibaca 10.126 kali

Pacitanku.com, PACITAN – Pesona alam dan wisata di Pacitan tak henti memanjakan mata kita. Dan di tahun 2017 ini, banyak tempat yang bakal menjadi hits. Berikut rinciannya yang bisa menjadi daftar destinasi Anda saat berkunjung ke Pacitan.

1. Pantai Klayar

Klayar via IG Pambudi Yoga Perdana

Obyek wisata pantai yang satu ini menjadi obyek wisata unggulan dan sekaligus Ikon dari Kabupaten Pacitan. Namanya Pantai Klayar. Pantai Klayar berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar ini berada sekitar 35 sampai 40 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat di capai sekitar 90 menit dari kota Pacitan. Dan menurut sejarah yang ada, konon nama Klayar berasal dari guyonan lokal Klayar-kluyur alias jalan-jalan.

Pantai Klayar foto IG @siskaardiyanty

Jalan menuju obyek wisata ini sekarang sudah lebar, sehingga memudahkan wisatawan berkunjung.  Pantai Klayar berorientasi di sisi barat kabupaten Pacitan. Sepanjang lintasan anda akan disuguhi dengan geologi berstruktur tandus di wilayah ini, dan perbukitan kapur mengelilingi dari ujung ke ujung jalan.

2. Goa Gong

Goa Gong Pacitan. (Foto: Instagram Akawimi/Pacitanku)

Keindahan bumi Pacitan tergambar dari mempesonanya ornament di dalam salah satu obyek wisata Goa terkenal di Pacitan, karena setelah obyek wisata Pantai, wisata Goa adalah obyek wisata unggulan dari Pacitan. Salah satunya adalah Goa Gong. Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorojo, Pacitan, 140 km selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan. Disebut Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh. Letaknya tidak jauh dari gerbang masuk Kota Pacitan, petunjuk jalan menuju ke arah Goa Gong juga cukup jelas.

3. Jembatan Grindulu JLS Kota

JLS Kota via IG @iqbaal_malik

Jembatan Grindulu yang terletak di Desa Sirnoboyo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan ini kini menjadi primadona tersendiri. Warga setempat menggunakan untuk tempat kongkow sore dan mengabadikan dengan kamera. Dengan latar belakang gapura bertuliskan Kota 1001 Goa, jembatan Grindulu di JLS ini kini menjadi tempat yang hits di tahun 2017 ini.

4. Pantai Soge

soge 2 via @indrarahman12

Indah, itu adalah kata pertama yang paling pas untuk menggambarkan betapa indahnya eksotika lanskap pantai yang terbentang di kawasan Samudra Hindia itu yang berjarak 276 kilometer barat daya Kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur. Puluhan wisatawan lokal dari sejumlah daerah, mulai anak-anak hingga orang dewasa, begitu asyik bermain air di muara Sungai Soge yang jernih dengan pasir putihnya.

Sementara, alur muara sungai berkelok mengitari pasir putih yang membentang di tengah hingga jarak radius 150 meter sehingga memberi ruang cukup luas bagi wisatawan untuk bermain apa saja dan menikmati keindahan wahana alami pantai. Sementara debur ombak terus bergulung dan memecah di tepian Pantai Soge, sekelompok wisatawan remaja lain asyik bermain sepak bola plastik atau sejenis futsal hingga puas.




 

soge via @lukieukie

Masih ada satu lagi wahana hiburan yang bisa dinikmati oleh pengunjung selain sekadar berdiri memandangi ombak di tepian pantai, bermain air, ataupun sekadar nongkrong di bawah pohon kelapa sembari menikmati sajian es kelapa muda. Wahana itu adalah ”danau kecil” yang terbentuk karena air laut tidak sepenuhnya tertarik ke tengah laut saat terjadi fenomena air surut, dan terpisah oleh gundukan pasir putih yang membentang di tengah.

5. Batas Ponorogo

Batas ponorogo via IG @buyung_bushido

Di perbatasan Pacitan dengan Ponorogo, tepatnya di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo kini terpampang satu tulisan besar dibawah lereng gunung “Selamat Datang di Kampung Halaman SBY.”

Tentu dengan tulisan tersebut semakin membuat masyarakat Pacitan dan sekitarnya menjadikan kawasan ini cocok untuk kongkow atau sekedar mengabadikan momen bersama keluarga. Apalagi di sepanjang jalur Pacitan-Ponorogo tersebut ada beberapa warung yang bisa membantu Anda untuk betah berlama-lama di batas Ponorogo.

6. Pantai Srau

Pantai Srau
Pantai Srau yang elok

Selain Pantai Klayar, obyek wisata di Pacitan dengan corak yang serupa adalah pantai Srau. Corak yang sama antara kedua pantai ini adalah dari ciri khas pasir putih yang sangat mencolok, juga banyaknya karang yang terlihat sangat indah di kedua pantai ini. Pantai Srau ini terletak di Desa Candi Kecamatan Pringkuku.

Jaraknya sekitar 25 Km ke arah Barat dari pusat kota Pacitan. Jalan menuju pantai Srau cukup berkelok-kelok dan hanya melewati ruas jalan yang kecil dan desa desa yang kebanyak masih berumah gebyok (dari kayu) meskipun sudah ada beberapa rumah yang terbuat dari tembok.

Yang membedakan Klayar dengan Pantai Srau adalah wilayahnya, Klayar memiliki area yang sempit, sedangkan Pantai Srai memiliki area yang sangat luas, dan bahkan tak terbatas. Sehingga dengan area yang sedemikian luas, banyak digunakan untuk area parker mobil dengan tanpa khawatir tidak kebagian tempat. Area parker ini masih dilengkapi dengan pemandangan alami berupa kebun kelapa yang memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung. Pada tahun 2017 ini, Pantai Srau dijamin semakin semarak seiring rencana Pemkab membangun arena jogging.

7. Pantai Teleng Ria

Kawasan wisata Pantai teleng ria. Foto IG @Swastikamey

Pantai yang berjarak 3,5 km dari pusat kota ini memiliki dasar dari pasir dan ombak dengan tipe beach break. Di sini terdapat sebuah life guard tower tempat penjaga pantai mengawasi dan memastikan keselamatan para pengunjung. Pantai Teleng Ria merupakan lautan yang menjorok ke darat atau biasa disebut teluk. Pantai ini juga dalam jajaran Pantai Selatan dengan luas pasir putih sepanjang sekitar 3 km. Pantainya diapit oleh dua dataran tinggi yang merupakan bagian dari pegunungan kapur Selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek, menghadap Samudera Indonesia.

8. Alun-alun Pacitan

Alun-alun Pacitan sendiri terbagi menjadi dua sisi, yakni sisi barat dan sisi timur. Alun-alun di sisi barat digunakan untuk olahraga, seperti sepakbola, voli, basket, kemudian kegiatan kebudayaan seperti peringatan hari jadi Pacitan, hingga upacara kemerdekaan.

Sementara di sisi timur, alun-alun Pacitan digunakan sebagai taman hiburan, ada taman membentang di sisi ini, termasuk komplek pedagang kaki lima yang berderet rapi di sepanjang alun-alun sisi timur. Taman di sisi utara alun-alun Pacitan juga akan dibangun hiasan air mancur serta penambahan sarana lampu penerangan.

alun-alun PacitanAlun-alun semakin lengkap dengan adanya ara wifi gratis dan air mancur. Sementara bagi Anda yang suka jogging, kawasan alun-alun menjadi tempat yang cocok untuk berjogging ria.

9. Pantai Kasap

Pantai Kasap foto IG @bary_jupzz

Pantai Kasap ini memang obyek wisata Pantai yang masih sangat alami. Berada di Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, Pantai Kasap berada di dekat tiga pantai lainnya di kecamatan ini, yakni pantai Watukarung, pantai Srau dan pantai Sruni. Pantai yang berada di sebelah persis pantai Sruni ini memiliki karakteristik khas di pantai Selatan. Yakni karang, kemudian pasir putih, ombak yang deras.

Di saat air surut, kamu bisa duduk – duduk sembari menikmati pemandangan dan angin khas laut selatan di pantai Kasap ini dengan santai. Jika ingin sensasi lebih, kamu bisa naik keatas bukit di rerumputan untuk mengabadikan momen asyik di pantai yang seakan menjadi pantai milikmu sendiri dengan kamera. Namun, suasana paling highly recommended adalah saat sore hari. Dimana pada saat ini, kamu bisa menikmati lembayung senja (sunset) dari atas bukit yang berada diatas pantai.

10. Jembatan Soge

Jembatan Soge via IG @dwi_osmo

Jembatan Soge adalah salah satu ruas jalur lintas selatan setempat yang dibuat futuristik dengan desain konstruksi pipa lengkung di bagian atasnya sehingga menyerupai rangka kubah raksasa. Banyak wisatawan atau remaja lokal yang sengaja berhenti di sekitar jembatan Soge yang panjangnya sekitar 50 meter ini untuk sekadar berfoto atau menikmati pantai dari celah alur muara Sungai Soge.

Jembatan yang memiliki panjang sekitar 100 meter ini sering dijadikan wisatawan sebagai tempat nongkrong dan berfoto ria, atau lebih banyak menikmati pemandangan lepas pantai Puring saat pagi atau senja hari. Dan memang saat – saat yang tepat mengabadikan momen indah di jembatan ini adalah saat senja hari, dan anda bisa menikmati lembayung senja yang elok. Setelah puas berfoto ria, anda pun bisa menikmati makanan kecil dan minuman yang tersaji oleh para pedagang.

11. Pantai Pidakan

Pantai Pidakan Via IG @satlantaspolrespacitan

Satu lagi spot unik wisata Pantai di Pacitan yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni sensasi kerikil Pantai Pidakan. Hal yang sangat unik dan yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain yang berada di Pacitan adalah rincian dari material Pantainya sekitar 70 persen yaitu bebatuan alam dan sisanya merupakan pasir putih, sehingga disana terdapat banyak batuan -batuan alam yang kesemuanya dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran. Saat berkunjung ke Pantai yang terletak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan ini, Anda akan dimanjakan dengan bebatuan kerikil putih yang bisa digunakan untuk duduk sembari menikmati pantai.

12. Pantai Watukarung

Pantai Watukarung via IG @sefyfputri

Dengan khas dari pantai pasir putih dan ikan banyak, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang mengunjungi tempat itu. Namanya Pantai Watu Karung. Pantai ini terletak di Desa Watu Karung, di Kecamatan Pringkuku Pacitan, jika jaraknya ditempuh dari pusat kota sekitar Pacitan kurang lebih sekitar 25 sampai 30 KM. Jalan menuju pantai ini cukup sulit untuk dicapai karena hanya melalui jalanan menanjak yang kecil dan berliku jalan dan ke bawah, sehingga perjalanan ke pantai watu karung agak memerlukan kewaspadaan yang tinggi.

Ciri utama dari pantai ini bersih di tengah sempit belahan batu, dan bertemu dengan puluhan perahu nelayan, sementara juga lebih lebar dari Pantai Srau terletak tidak jauh dari pantai ini dan ada juga beberapa pulau kecil di teluk. Watu Karung adalah pantai yang memiliki pasir putih hamper mirip dengan Pantai Srau.

13. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan Foto IG @cachachandy

Pacitan juga mempunyai pesona Pantai Pasir putih lainnya yang tak kalah eloknya dengan Pantai Srau, Watukarung, maupun Klayar. Pantai Buyutan adalah nama Pantai itu. Yang menarik dari Pantai ini adalah pasir putihnya yang indah dan bersih serta birunya warna laut yang berpadu dengan semilirnya angin khas pantai.

Tiba di pantai buyutan, kita akan disambut sebuah gubug kecil di bibir tebing yang merupakan jalan masuk ke pantai. Kita harus menuruni jalan tanah yang curam sepanjang 300 meter untuk tiba di bibir pantai buyutan. Pantai buyutan adalah tipe pantai karst landai dengan pasir putih yang membentang sekitar 500 meter.

14. Pantai Ngiroboyo

Pantai Ngiroboyo foto IG @sutoponagasaboy

Salah satu pantai yang harus menjadi list daftar kunjungan anda saat ke Pacitan, terutama bulan November adalah Pantai Ngiroboyo. Pantai yang terletak di Dusun Sambi, Sendang, Donorojo ini menawarkan sejuta pesona keindahan khas Pantai selatan. Selain batu karang yang Nampak terlihat perkasa, ombak besar pantai selatan juga menjadi salah satu yang membuat pantai ini menarik untuk di kunjungi.

Selain itu, pesona keindahan yang tak boleh anda lewatkan lainnya adalah adanya muara sungai Maron yang berujung di Pantai Ngiroboyo ini. Sungai Maron dikenal warga sebagai tempat penyelenggaraan event tahunan festival dayung ngiroboyo. Di tempat inilah ratusan pedayung hebat saling beradu keahlian untuk menjadi juara festival dayung Ngiroboyo.

15. Pinus Kita

Pinus Kita Foto IG @awyu

Tempat wisata alam dengan view Hutan Pinus ini berlokasi di Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Atau jika ditempuh dari kota Pacitan adalah sekitar 40 Km, tepatnya di kawasan hutan pinus Desa Gemaharjo.

Seperti halnya di wisata Kalibiru Kulonprogo, spot foto yang hit di Desa ada yang menarik di tempat wisata ini, selain tempatnya yang termasuk dataran tinggi yaitu spot foto yang berada di rumah pohon dengan latar belakang pemandangan hutan pinus dan pegunungan di Desa Gemaharjo.




Hutan Pinus ini merupakan hutan wisata yang memiliki suhu yang sejuk dan udara yang segar, serta dapat menikmati landskap dan pemandangan indah Desa Gemaharjo. Jika Anda tertarik menuju ke lokasi ini, jarak dari jalur Pacitan-Ponorogo hanya sekitar 200 meter.

Untuk masuk lokasi wisata hanya Rp 2 ribu. Informasi yang dihimpun, ada beberapa wahana di kawasan wisata yang masih dalam tahap pengembangan ini, diantaranya adalah ayunan, bangku santai, hammock, dan rumah pohon. Ada juga area hutan, dimana Anda bisa berfoto dengan membayar tiket lagi sebesar Rp 2 ribu.

16. Pantai Banyu Tibo

Air Terjun Pantai Banyutibo adalah salah satu-satunya pantai di Jawa yang memiliki ciri khas air terjun yang jatuh ke laut. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan ini memiliki pemandangan khas pantai selatan yang sungguh elok. Meskipun cekungan pantainya lebih kecil dibandingkan pantai lainnya di Pacitan, namun pantai Banyutibo ini menawarkan pesona lain yang tak kalah dahsyat, yakni air terjun pinggir laut yang menakjubkan.

Banyak wisatawan yang saat berkunjung ke Pantai Banyutibo memanfaatkan meomen untuk mandi di bawah air terjun tersebut, yang konon katanya bisa membuat kepala lebih segar dan pusing-pusing di kepala hilang. Hal itu dikarenakan terpaan air terjun Pantai Banyutibo yang bisa memijat kepala Anda.

17. Pantai Karang Bolong

Pantai Karangbolong. (Foto; IG @Pacitanku)

Pantai Karang Bolong masih berada di Desa Sendang, Donorojo Pacitan, atau jika menuju ke Pantai Klayar, letak pantai Karang Bolong yang ada di sebelah barat. Jalan masuknya tepat di depan pos retribusi pantai Klayar. Namun hingga saat ini, aksesnya masih alami dan cukup sulit apalagi dalam kondisi jalan basah. Sepertinya jalan yang masih dari tanah ini terbentuk karena kebiasaan kendaraan melewati jalur ini.

Panorama khas Pantai Karang Bolong adalah kita bisa menikmati keindahan pantai selatan dengan tebing-tebing hijau yang gagah dengan tebing yang menjorok kelaut yang berada di tepi Barat pantai ini. Tak jauh beda dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali.

18. Taman Penceng

taman penceng via IG @ahmadnurprabowo

Satu lagi tempat yang hits tahun 2017 di Pacitan adalah taman Penceng yang terletak di pusat kota Pacitan. Pemkab yang membuat tulisan besar berwarna bertuliskan taman Penceng menjadikan taman yang baru dibikin ini menjadi tempat kongkow yang menarik. Apalagi di sekitar kawasan tersebut ada pusat kuliner, pusat perbelanjaan dan pertokoan yang menjadikan kawasan ini semakin semarak. (DPPP001)