Pantai Pancer akan Dibikin Seperti Pantai Seminyak Bali

oleh -132.000 views
Pantai Pancer Door (Dok.Pacitanku)
Pantai Pancer Door (Dok.Pacitanku)
Pantai Pancer Door (Dok.Pacitanku)
Pantai Pancer Door (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Aroma Bali di Pacitan bakal semakin kental. Pantai Pancer Door, Kecamatan Ploso, Pacitan, akan dikembangkan mengacu pada konsep wisata Pantai Seminyak di Pulau Dewata, julukan Bali. Wacana tersebut muncul seiring dengan kunjungan Bupati Indartato dan sejumlah pejabat pemkab di Bali, awal Januari ini.

Pantai Pancer Door dipandang memiliki kemiripan dengan Pantai Seminyak, sehingga layak dikembangkan serupa. ‘’Bahkan bisa dikatakan Pancer Door punya keunggulan dalam hal pemandangan jika dibandingkan Pantai Seminyak,’’ ujar Kepala Disparpora Pemkab Pacitan, Endang Surjasri, Minggu.

Endang menceritakan, dalam kunjungan selama dua hari di Bali itu, Indartato langsung terkesima tatkala melihat denyut wisata di Pantai Seminyak, saat malam hari. Di sana, berjejer ratusan meja dan kursi yang dipenuhi wisatawan dalam dan luar negeri.

Mereka duduk menikmati hidangan makanan dan minuman di bawah jejeran payung yang berwarna-warni. Menurut Endang, fasilitas payung dan tempat duduk yang disediakan di Seminyak itu ada sejak sore hingga malam. ‘’Ketika siang hari, payung dan pernak-perniknya bisa dibersihkan,’’ ujarnya.

Inspirasi yang didapat dari Bali sudah mulai digodok oleh Disparpora setiba di Pacitan. Endang menyebut pihaknya sudah mulai berkomunikasi dengan pihak swasta. Upaya itu direspon positif. Nantinya, lokasi yang bakal digunakan sebagai tempat berjejernya foodcourt seperti di Seminyak adalah lokasi pantai Pancer Door bagian tengah.

Beberapa warung makan yang sudah lebih dahulu buka di sana akan ikut ditata dan diseragamkan. Selain menyediakan tempat untuk makan dan minum, hiburan pelengkap seperti pertunjukan musik juga rencananya diberikan. ‘’Dalam waktu dekat akan mulai dilakukan penataan,’’ terangnya.




Menurut Endang, tidak ada kendala cuaca dalam mewujudkan ide tersebut di Pancer Door. Sebab, cuaca di pantai tersebut cenderung stabil ketika malam hari. Berbeda ketika siang atau sore hari, angin yang berhembus pun sanggup merobohkan joglo yang dibangun di tepi pantai. ‘’Ketika malam anginnya tidak terlalu berbahaya, relatif aman,’’ kata Endang.

Selain mengunjungi Pantai Seminyak, dalam kunjungan kerja ke Bali itu, salah satunya, Bupati Indartato bertemu dengan Ketua Yayasan Triatma Surya Jaya, I Ketut Putra Suarthana. Yayasan ini menaungi Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata. Ketut sendiri adalah pengusaha perhotelan. Ia memiliki lima hotel di Bali, satu di Lombok, dan satu hotel lagi di Jogja.

‘’Dari diskusi dengan Pak Ketut, beliau siap membantu membangun pariwisata Pacitan. Sedangkan kami di Pacitan akan menyiapkan infrastrukturnya, mulai dari jalan diperlebar dan mulus. Juga merancang event-event dalam skala nasional maupun internasional. Kami yang di Pacitan siap belajar dengan Bali atau daerah lain,’’ kata bupati.

Selain itu, bupati dan tim pemkab juga bertemu dengan teman lama Indartato, yang sekarang ini sukses menjadi pengusaha sekolah pariwisata. Kerjasama itu terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Pacitan. Nantinya, para instruktur dari sekolah tersebut akan didatangkan ke Pacitan memberikan berbagai workshop kepada para pelaku usaha pariwisata.

Di samping itu, mereka juga akan diminta mengajar melalui Akademi Komunitas Nasional (AKN). ‘’Kalau membangun sekolah pariwisata, sepertinya masih sulit. Lebih baik, membuka jurusan pariwisata di SMK,’’ ujarnya. (mg4/rif/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun