Sirnoboyo Diterjang Banjir, 25 Hektar Lahan Pertanian Rusak

oleh -Dibaca 2.141 kali
Foto ilustrasi: Banjir yang terjadi di Sirnoboyo Pacitan beberapa waktu lalu. (Foto: Pusdatin BPBD Pacitan)
Pantauan Udara dari BPBD Pacitan terkait kondisi banjir di Sirnoboyo. (Foto: Pusdatin BPBD Pacitan)
Pantauan Udara dari BPBD Pacitan terkait kondisi banjir di Sirnoboyo. (Foto: Pusdatin BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Hujan deras terus menerus yang terjadi sejak Kamis (1/12/2016) kemarin menyebabkan volume air di Sungai Grindulu Pacitan meluap. Di Pacitan kota, akibat hujan tersebut juga menyebabkan banjir di Desa Sirnoboyo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan pada Jumat (2/12/2016) pagi.

Informasi dari Pusat data dan informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, akibat banjir di Desa Sirnoboyo tersebut, sebanyak tiga dusun di Desa Sirnoboyo, terdampak banjir, yakni Dusun Krajan, Dusun Suruhan dan Dusun Mendole.




Akibat banjir di desa tersebut, sebanyak enam rumah warga terancam tidak bisa dihuni, 25 hektar lahan pertanian rusak, hampir 10 hektar pekarangan terendam banjir, bahkan jalan desa tergenang yang menyebabkan aktivitas warga lumpuh total.

Menurut keterangan Kepala Desa Sirnoboyo, Arifin mengatakan bahwa sebanyak 15 rumah warga tergenang dan persawahan terendam banjir.

“Banjir terjadi di Dusun Krajan, Dusun Suruhan yang menimpa 15 rumah warga terendam banjir, kemudian ada pohon nangka tumbang menutup jalan dan jembatan di Bendo, Krajan Sirnoboyo yang menyebabkan kendaraan roda empat tidak bisa lewat,”kata Arifin, Kepala Desa Sirnoboyo.

Dillaporkan tak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. (RAPP002)