5 Varian Sale Khas Pacitan yang Membuatmu Rindu Kembali Mencicipinya

Sale Pisang ANggur Pak SOfyan Krajan SIrnoboyo. (Foto : Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Sale Pisang ANggur Pak SOfyan Krajan SIrnoboyo. (Foto : Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Selain gudangnya wisata, Pacitan adalah gudangnya kuliner. Nah, salah satu kuliner khas Pacitan yang melegenda adalah Sale Pacitan. Kelezatan dan olahan sale Pacitan ini  dikenal sebagai salah satu kuliner unik yang menarik untuk dinikmati. Kuliner yang memiliki bahan baku pisang ini ternyata sudah menjadi kuliner khas yang bisa menjadi alternatif oleh – oleh dan juga kue alami keluarga anda.

Sale khas Pacitan berbahan baku sama dengan sale daerah lain, yang membedakan yakni cara penyajiannya yang dibuat dengan ukuran lebih kecil dibanding sale daerah lain, satu sale untuk dinikmati satu kali. Yang membedakan lain ternyata cara penyajian sale khas Pacitan yang cukup bervariatif.

Selain kemasan yang beraneka macam dan berwana – warni, keunikan lain dari Sale Pacitan ini adalah rasa manis yang ditimbulkan, bukan berasal dari pemanis buatan, beberapa rumah produksi masih setia dengan pemanis alami dari pisang.

Produksi dan penyebarannya, masing – masing rumah produksi sale tersebut bukan hanya lokal Pacitan saja, akan tetapi sudah ada yang menyebarkan di wilayah luar kota. Tercatat ada lima jenis varian sale Pacitan yang semuanya memiliki cita rasa sama, penuh kelezatan alami, simak ulasan Pacitanku.com berikut ini.

1. Sale anggur

Sale anggur

Sale anggur

Yang pertama adalah sale anggur Pacitan. Proses pembuatannya pun tak rumit, yaitu dibuat dengan bahan pisang awak yang dipotong-potong kemudian dijemur di bawah sinar matahari langsung. Setelah kering, kemudian dipadatkan dan dibentuk kecil-kecil, kemudian digulung lalu dibungkus plastik di bagian luarnya.




Sale anggur ini bisa bertahan hingga 5 bulan lamanya, dan semakin lama disimpan rasanya akan semakin legit dan manis. Sale anggur khas Pacitan juga bisa ditemui di tempat lain, termasuk di Bali dan kota besar lainnya. Harganya yang murah, tampilannya yang unik dan daya tahannya yang lumayan panjang membuatnya bisa jadi pilihan oleh-oleh jika sedang di Pacitan.

2. Sale anggur daun jagung

Sale anggur daun jagung adalah varian dari sale anggur Pacitan. Yang membedakan adalah bungkus yang digunakan menggunakan daun jagung yang jika dilihat lebih menarik, berwarna krem. Dulu, sale jenis ini menjadi salah satu favorit, namun seiring semakin minimnya daun jagung, maka sale dengan varian ini pelan-pelan hilang dari pasaran karena minimnya bahan baku.

3. Sale anggur warna-warni

Sale Pisang ANggur Pak SOfyan Krajan SIrnoboyo. (Foto : Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Sale Pisang ANggur Pak SOfyan Krajan SIrnoboyo. (Foto : Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Salah satu model sale pisang Pacitan, yakni sale anggur, dikemas dengan kertas krep warna warni, lalu diberi lapisan plastik bening lagi, hal tersebut dilakukan agar terlihat menarik, dan selanjutnya sale anggur yang sudah dilapisi plastik dirangkai dan terlihat seperti untaian buah anggur.

4. Sale cumi-cumi

Sale donat/cumi. (Foto: dok.Pacitanku)

Sale donat/cumi. (Foto: dok.Pacitanku)

Varian lain sale Pacitan adalah sale berbentuk cumi-cumi. Proses pembuatan pun sama dengan cara membuat sale anggur. Namun yang membedakan adalah gulungan sale ini tidak padat seperti sale anggur, melainkan digulung satu kali mirip seperti cumi yang ada lubang ditengahnya. Selanjutnya sale berbentuk cumi-cumi ini digoreng, sehingga menghasilkan sensasi kriuk tanpa menghilangkan kelezatan dan manis khas sale Pacitan.

5. Kripik sale

Kripik sale

Kripik sale

Dari namanya, kita bisa menyimpulkan bahwa kripik sale adalah olahan sale Pacitan yang dibuat seperti kuliner kripik, dipotong kecil-kecil dan kemudian digoreng hingga garing. Jika kamu suka olahan kripik, ada baiknya mencicipi kripik sale Pacitan.

Nah, banyak kan varian sale khas Pacitan? Dan saat ini banyak ditemukan di Pacitan sentra produksi rumahan Sale Pisang. Jika kamu tertarik, bisa membeli sebagai buah tangan khas Pacitan di berbagai sentra oleh-oleh khas Pacitan. (RAPP002)

Khas Pacitan Sale

Posting Terkait