Dua Hari, Pacitan Diguncang Gempa Berkekuatan 4,9 dan 5,2 SR

oleh -967 views

gempaPacitanku.com, PACITAN– Kabupaten Pacitan diguncang gempa bumi berkekuatan 5,2 skala richter pada Jumat (11/10/2016) pukul 07.26 WIB. Informasi yang dihimpun Pacitanku.com dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berada di 9,03 LS dan 111,29 BT dengan pusat gempa 96 km ke arah tenggara Pacitan dan kedalaman 10 Km.

Sebelumnya, Kamis (10/11/2016) kemarin, Pacitan juga diguncang gempa bumi berkekuatan 4,9 skala richter (SR) dengan Lokasi gempa berada di 9,14 LS dan 111,30 BT dengan jarak 57 km arah tenggara Kota Pacitan. Di Pacitan sendiri, gempa dirasakan warga di beberapa titik, seperti di kawasan kota dan wilayah Kecamatan Punung.




Untuk gempa pertama yang terjadi pada Kamis kemarin, Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, dari hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) BMKG, menunjukkan dampak gempa bumi berupa guncangan cukup kuat dirasakan di beberapa kota. Di antaranya Yogyakarta, Bantul, Imogiri, Playen, Wonosari, Semin, Pasirombo, Pacitan, Tamperan, Kebonagung, Ngadirojo, Panggul, dan Munjungan.

Berdasarkan hiposenternya, gempa bumi ini berada di kedalaman transisi antara dangkal dan menengah. Belum ada laporan mengenai ada tidaknya dampak kerusakan akibat gempa.  “Dengan memperhatikan pola lajur subduksi lempeng selatan Pulau Jawa, tampak bahwa hiposenter gempabumi ini terletak tepat di bidang kontak antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia pada zona Benioff, yaitu lajur subduksi yang sudah mulai menukik ke bawah Pulau Jawa,” papar Daryono.