TMMD ke 97 Dipusatkan di Kecamatan Tegalombo

oleh -131.080 views

tmmdPacitanku.com, TEGALOMBO – Kabupaten Pacitan terpilih menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 97 tahun 2016 di wilayah Jawa Timur. Kabupaten lain yang juga mendapat kesempatan serupa adalah, kabupaten Blitar, Bondowoso, Gresik dan Kediri.

Khusus di Kabupaten Pacitan dipusatkan di Dusun Grigak Desa Kemuning Kecamatan Tegalombo. Selama 30 hari efektif, anggota TNI yang dibantu beberapa unsur termasuk masyarakat akan melakukan berbagai kegiatan. Baik berupa pembangunan fisik maupun non fisik.

Pembukaan pelaksanaan TMMD ke 97 berlangsung di lapangan Kecamatan Tegalombo, Selasa (20/9), diikuti oleh satua TNI/Polri, Linmas, Organisasi kepemudaan, serta Masyarakat. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Pacitan Indartato.

Membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Indartato mengatakan, TMMD merupakan wujud dari manunggalnya TNI bersama rakyat. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi perekat tumbuhnya semangat gotong royong.

“Saya berharap masyarakat menerima TNI seperti keluarga sendiri karena selama bertugas, mereka akan tinggal berbaur dengan masyarakat,” ungkapnya.

Demi memndukung kegiatan besar tersebut baik pemerintah provinsi maupun Kabupaten akan memeberikan dukungan penganggaran. Untuk itu, TNI harus berkoordinasi dengan Pemda agar pekerjaan berjalan lancar.

Anggaran yang disiapkan untuk pelaksanaan TMMD ke 97 2016 sebesar Rp.837.975.000. Dengan rincian, dukungan dari PJO sebesar Rp.212.975 juta, APBD Provinsi Rp.175 juta serta APBD kabupaten Rp.450 juta. Dana besar tersebut akan dipergunakan untuk kegiatan fisik berupa rabat jalan sepanjang 1600 meter, talud, serta rehab tempat ibadah serta fasilitas umum lain.

Sementara untuk Kegiatan non fisik meliputi penyuluhan-penyuluhan serta Bhakti sosial KB kesehatan kepada masyarakat. Kegiatan TMMD di kabupaten Pacitan melibatkan sedikitnya 275 personil baik dari TNI serta unsur pendukung lain termasuk masyarakat. (Riz/RAPP002/Pemkab)

Sumber: Pemkab Pacitan