Banjir Genangi Sejumlah Titik di Pacitan, BPBD: Perlu Dibuat Sudetan

oleh -1.482 views

damPacitanku.com, PACITAN – Hujan deras mengguyur Kota Pacitan sepanjang Jumat malam (9/9/2016) hingga Sabtu siang (10/9/2016). Akibatnya, beberapa wilayah terendam banjir. Selain menenggelamkan lahan persawahan, air bah juga menggenangi pemukiman hingga setinggi lutut orang dewasa.

Akibat bencana alam tersebut, puluhan rumah warga di Desa Sukoharjo terendam air. Kondisi yang sama juga terjadi di desa tetangga, Sirnoboyo. Meski rumah tergenang namun warga tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Beberapa orang tampak gotong-royong membersihkan saluran air yang tersumbat.

“Memang luapan air dari Sungai Jelok sangat besar. Ditambah lagi Dam Sukoharjo sekarang ini sedang diperbaiki. Jadi pintunya dibuka,” ujar Arifin, Kepala Desa Sirnoboyo terkait penyebab banjir.

Selain itu, lanjut Arifin, di Daerah Aliran Sungai Jelok juga sedang ada pengerjaan proyek nasional Jembatan Jalan Lintas Selatan (JLS). Aktivitas proyek diduga berpengaruh terhadap makin kecilnya kapasitas saluran pembuangan air di sekitarnya. “Sekarang ini praktis hanya ada satu saluran pembuangan air,” tandasnya.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Pacitan, Tri Mudjiharto mengatakan pihaknya sedang melakukan pemantauan dan inventarisasi dampak bencana. Sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan terkait jumlah rumah terdampak maupun luasan lahan pertanian yang tergenang.

Hanya saja berdasar pemantauan, jika hujan masih turun kawasan persawahan diperkirakan mengalami gagal panen. Pihaknya akan berbicara dengan lembaga terkait guna menemukan solusi mencegah terulangnya kejadian tersebut.

“Nanti akan kita bicarakan (dengan dinas terkait). Kalau kondisinya semacam ini mungkin perlu dibuatkan sudetan supaya air bias mengalir. Yang terpenting warga kita pastikan aman dulu,” katanya ditemu di lokasi banjir.

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBD Pacitan menyebutkan potensi hujan intensitas sedang dan tinggi masih akan terjadi hingga sore ini. Warga diimbau tetap waspada terhadap perubahan cuaca secara singkat serta hujan disertai petir dan angin kencang. (PS/DS)

Sumber: RRI