Desa Wisata di Pacitan Disebut Jadi Salah Satu Kunci Pembangunan Pariwisata

oleh -131.103 views
Keindahan Pantai Watukarung menginspirasi surfer membuat video. (FOto: MySUrfTV)
Keindahan Pantai Watukarung menginspirasi surfer membuat video. (FOto: MySUrfTV)
Putri Samudera Pantai Watukarung. (Foto: Arif Sasono)
Putri Samudera Pantai Watukarung. (Foto: Arif Sasono)

Pacitanku.com, PACITAN – Keberadaan desa Wisata ternyata menjadi salah satu kunci pembangunan pariwisata di Pacitan. 

Sekretaris Asosiasi Desa Wisata Jatim Wiwit Peni Dwi Artari mengatakan, pembentukan desa wisata menjadi salah satu kunci pengembangan parwisata daerah di Pacitan yang saat ini terus menggeliat.

Di Desa Watukarung, misalnya, Wiwit yang juga menjabat Kades Watukarung ini aktif melakukan pembinaan masyarakat agar sadar wisata. Selain membangun tata tertib bagi wisatawan dan pelaku usaha wisata setempat, pelatihan dan koordinasi dengan warga aktif dilakukan.

Setiap persoalan yang muncul kemudian dibahas dalam forum kelompok sadar wisata yang sudah terbentuk di wilayah desa wisata bersangkutan.

 “Kebetulan di Pacitan sudah cukup banyak desa wisata terbentuk untuk mengatur mekanisme pengelolaan objek pariwisata yang belum maupun sudah diambil alih oleh pemerintah daerah,” ujarnya, belum lama ini.

Beberapa wisatawan yang pernah berkunjung ke sejumlah objek wisata di Pacitan mengaku takjub dengan keramahan masyarakat setempat.

Secara terpisah, Steve, turis asal Perancis yang berwisata di Pantai Watukarung bahkan mengaku betah berlama-lama di Pacitan karena suasananya yang tenang dan penduduknya yang sangat menghargai wisatawan.

“Kami menikmati ketenangan dan keindahan panorama alam di sini, masyarakat Watukarung ramah. Membuat kami betah berlama-lama di sini,” tutur Steve dalam Bahasa Inggris dialek Prancis.

Roman Gerper asal Swiss bahkan lebih jauh melihat potensi wisata dan budaya Pacitan yang disebutnya mirip suasana Bali pada era 1980-an yang belum seramai sekarang.

Keindahan panorama alam Pantai Watukarung dan Srau telah mendorongnya untuk berinvestasi membangun resort bagi hunian atau penginapan bagi para peselancar mancanegara di daerah itu. (RAPP002/ant)