Peringati Hari Lingkungan Hidup di Pacitan, Gelar Pungut Sampah Hingga Lepas Tukik

oleh -101.425 views
In
SELAMATKAN LINGKUNGAN. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Pacitan dipusatkan di Pantai Taman Hadiwarno. (Madiunraya)

Pacitanku.com, PACITAN – Agenda hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada Jumat (26/8/2016) digunakan jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) Pacitan untuk menggelar kegiatan sosial yang dipusatkan di Pantai Taman, Hadiwarno, Ngadirojo.

Dipimpin langsung oleh Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM, sejumlah kegiatan menjadi agenda utama peringatan hari lingkungan hidup tersebut, seperti aksi pungut sampah, penanaman pohon di garis sabuk hijau dan pelepasan puluhan ekor tukik atau anak penyu ke laut lepas.

Dalam sambutannya, Indartato menyampaikan bahwa melestarikan lingkungan harus ada gerakan bersama serta melibatkan semua pihak, terutama masyarakat sebagai mata rantai utama.

Menurutnya, kondisi pantai yang bersih atau sebaliknya menjadi indikator sejauh mana kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian alam. “Jika masyarakat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke sungai maka pantai menjadi muara yang bersih.Kondisi ini akan mendukung ekosistem yang sehat sehingga keseimbangan alam terjaga,”ujarnya.

Selain itu Bupati juga mengatakan bahwa menjaga ekosistem lingkungan adalah menjadi kewajiban kita bersama agar Lingkungan hidup tetap seimbang. “Hari peringatan ini dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan,”tuturnya.

Dalam agenda pungut sampah tersebut, sambil membawa tas plastik sebagai wadah, puluhan peserta aksi menjumput satu persatu sampah. Selain limbah kayu dan dedaunan beberapa jenis sampah plastik juga banyak dijumpai dibibir pantai. Satu unit kontainer sampah telah disiapkan untuk mengangkut sampah yang terkumpul.

Senada dengan Indartato, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Andi Faliandra mengatakan persoalan lingkungan harus dihadapi bersama. Keterlibatan semua unsur sangat diperlukan guna mengentaskan masalah yang ke depan dipastikan makin besar. “Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tetap asli dan asri sehingga  kita bisa menikmati sampai dng anak cucu kita,”tandasnya.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan penghargaan kepada para pelaku pelestari lingkungan. para penggiat lingkungan se Kabupaten Pacitan dihadirkan guna menerima anugerah tersebut. Acara diakhiri dengan pelepasan tukik penyu ke alam sebagai simbol melestarikan alam dan hewan. Ini sesuai dengan tema hari lingkungan hidup sedunia 2016 yakni Go Wild For Life Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar Untuk Kehidupan.

Selain Indartato, turut hadir dalam kesempatan tersebut adalah Ketua PKK Luki Indartato, Wabup Pacitan Drs H Yudi Sumbogo, Dandim  0801/Pacitan Letkol Inf Yudhi Diliyanto, Kajari, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Manager PLTU Pacitan, FKPK Kecamatan Ngadirojo,Kepala Desa Se Kecamatan Ngadirojo, Kepala UPT Se Kecamatan Ngadirojo dan para undangan dari SKPD terkait. (RAPP002)