Hello Pacitan 2016 Sukses Digelar, Pemkab Ingin Gelar Event Surfing Tingkat Dunia

oleh -101.383 views
Wasi Prayitno saat sambutan upacara penutupan Hello Pacitan 2016. (Foto: Doc Info Pacitan)
Wasi Prayitno saat sambutan upacara penutupan Hello Pacitan 2016. (Foto: Doc Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur berharap bisa rutin menggelar lomba selancar tingkat Asia maupun dunia, sehingga bisa memacu pertumbuhan sektor keparwisataan daerah setempat sekaligus memacu potensi peselancar lokal untuk berkompetisi di level internasional.
    
“Ini memang mimpi kami semua (warga Pacitan), bahwa potensi ini harus diangkat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan Wasi Prayitno di Pacitan, Senin.
    
Ia bersyukur bahwa apa yang menjadi angan-angan komunitas surfer atau peselancar lokal Pacitan, termasuk Wasi Prayitno yang mengaku seorang peselancar, akhirnya bisa terwujud melalui penyelenggaraan Kejuaraan Selancar Tingkat Asia, 17-20 Agustus.
    
Sukses penyelenggaraan lomba selancar yang diikuti 40 surfer dari dalam maupun luar negeri tersebut diharapkan Wasi menginspirasi semua pihak pelaksanaan kejuaraan serupa di tahun-tahun berikutnya.
    
Tidak hanya di level nasional maupun regional Asia, kata dia, namun tingkat dunia dengan melibatkan banyak surfer dari berbagai negara.
    
“Kita semua cukup senang bahwa olimpiade selanjutnya di Jepang, surfing atau selancar ini sudah dimasukkan dalam cabang olahraga yang dipertandingkan. Kesempatan itu yang harus dimanfaatkan peselancar nasional, termasuk dari Pacitan untuk unjuk kebolehan berkompetisi dengan surfer mancanegara,” ujarnya.
    
Wasi meyakini bibit atlet selancar dari Pacitan bakal terus bermunculan. Fakta tersebut mengacu pada perkembangan olahraga sky air di daerah tersebut, dengan potensi wahana wisata selancar yang ada di Pantai Pancer Door, Watukarung serta Srau.
    
Promosi Wasi, ombak di ketiga pantai yang ditetapkan sebagai destinasi wisata selancar di Pacitan itu menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia dan banyak dikunjungi surfer profesional dari berbagai negara.
    
“Ombak di Pantai Watukarung dan Srau paling bagus dan disenangi peselancar asing dari berbagai negara, karena tinggi ombak bisa mencapai enam meter menggulung panjang sehingga menyerupai pipa atau barrel,” ujarnya.
    
“Untuk pelaksanaan kegiatan kejuaraan selancar tahun depan terus kami komunikasikan dengan berbagai pihak termasuk di Kementrian Olahraga di pusat. Kami berharap kejuaraan surfing tingkat dunia nantinya bisa digelar di sini (Pacitan),” kata Wasi. (RAPP002/ant)