Kompetisi Surfing Sukses, SBY Sarankan Pacitan Bangun Tourism Center

oleh -101.120 views
SBY bersama para pemenang lomba surfing divisi wanita. (Foto: ASC Media-Hain/Pemburu Ombak)
SBY bersama para pemenang lomba surfing divisi wanita. (Foto: ASC Media-Hain/Pemburu Ombak)
SBY bersama para pemenang lomba surfing divisi wanita. (Foto: ASC Media-Hain/Pemburu Ombak)

Pacitanku.com, PACITAN – Suksesnya penyelenggaraan kompetisi surfing Hello Pacitan 2016 Asian Surfing Championship (ASC) 2016 tak pelak mengangkat olahraga dan pariwisata di Pacitan, khususnya selancar. Sehingga untuk mendorong pengembangan olahraga dna pariwisata, perlu dilakukan beberapa terobosan.

Salah satu yang perlu dikembangkan adalah kerjasama antara semua pihak untuk terus mengembangkan kawasan wisata di Pacitan. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat mengunjungi gelaran Hello Pacitan 2016 Jumat pekan lalu.

SBY bahkan berharap kompetisi olahraga pariwisata terus dikembangkan di Pacitan. ‘’Saya harap pemerintah daerah dan semua pihak terkait ikut mendorong agar suatu saat kawasan ini (Pancer Door) menjadi kawasan untuk olahraga surfing,’’ jelasnya.

Dikatakan SBY, kawasan pantai Pancer memiliki panorama yang indah. Ada sungai, bukit, laut, dan pasir putih. Agar magnet objek wisata tersebut makin kuat, SBY meminta kepada pemkab memperhatikan fasilitas dan infrastruktur pendukung. ‘’Yang tidak kalah penting adalah membangun tourism center. Agar bagaimana bisa menarik sebanyak mungkin pengunjung ke Pacitan,’’ tandas pria yang sudah mendapatkan gelar Doctor HC puluhan kali tersebut.

Melihat potensi pantai yang dimiliki Pacitan, SBY menilai banyak potensi yang bisa diciptakan. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. ‘’Khusus olahraga surfing,bisa jadi andalan kita jika dilombakan dalam olimpiade. Jadi bukan hanya bulutangkis saja,’’ katanya.

Dalam gelaran Hello Pacitan tersebut, Atlet surfing dari Bali, Raditya Rondi, menjadi juara pertama di Asian Surfing Championship (ASC) kategori putra. Sebelumnya, juara Asian Surfing Championship kategori putri, juara pertama diraih Rina Kitazawa asal Jepang. Juara kedua diraih Taina Izquierdo yang merupakan atlet blesteran Indonesia dan Amerika Serikat, sedang di posisi ketiga yaitu Kailani Johnsonos dan Puanani Johnsonos yang merupakan atlet blesteran Indonesia dan Amerika Serikat. (RAPP002)