Pemudik Penuhi Terminal Pacitan, Puncak Kedatangan pada Senin Kemarin

oleh -10849 views
Suasana Terminal Pacitan. (Foto: Dishubkominfo)
Suasana Terminal Pacitan. (Foto: Dishubkominfo)

Pacitanku.com, PACITAN – Ratusan pemudik mulai memadati terminal Pacitan sejak Kamis (30/6/2016) malam atau H-6 Lebaran. Diprediksi puncak arus mudik di terminal Pacitan akan terjadi pada Senin (4/7/2016) atau H-2 Lebaran.

Di  terminal Pacitan, puluhan orang turun dari bus Pacitan-Jakarta. Sebagian besar penumpang menenteng tas dan kardus yang berisi berbagai barang.

Kasi Pelabuhan Terminal dan Parkir Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pacitan, Suyono, mengatakan pada H-6 Lebaran mulai ada peningkatan pemudik di terminal Pacitan.

Lonjakan penumpang yang datang ke terminal Pacitan mengalami peningkatan sekitar 15% dari hari biasanya. Suyono menuturkan peningkatan penumpang ini karena sebagian besar pemudik yang berasal dari Jakarta dan Surabaya baru libur pada Kamis, sehingga mereka langsung mudik.


Data dari Dishubkominfo, sejak H-12 hingga H-6 Lebaran, bus datang ke terminal Pacitan sebanyak 481 unit dengan penumpang sekitar 2.500 orang. Sedangkan untuk bus berangkat ada sebanyak 415 unit dengan jumlah penumpang sekitar 2.110 orang.

Menurut dia, dalam periode yang sama penumpang pada Lebaran tahun lalu lebih banyak dibandingkan tahun ini. Hal ini karena pada tahun ini libur anak sekolah telah terjadi sejak jauh-jauh hari, sehingga orang mudik merata selama Ramadan.“Salah satu faktornya memang libur sekolah, tetapi, pada saat menjelang Lebaran tetap banyak orang yang mudik. Kami memprediksi puncak mudik Lebaran tahun ini terjadi pada H-2 atau pada Senin besok,” kata dia.

Salah seorang pemudik, Cahyo, mengatakan berangkat dari Jakarta pada Kamis sore dan baru datang Jumat pagi. Dia sengaja pulang pada H-5 Lebaran supaya tidak terlalu berdesak-desakan saat di terminal.“Ini sudah mulai libur, jadi langsung untuk mudik. Soalnya kalau mendekati Lebaran biasanya kan penuh,” ujar warga Arjosari ini.

Sumber: Madiun Pos