Lokasi Wisata Jadi Salah Satu Fokus Pengamanan Polres Pacitan di Lebaran 2016

oleh -10949 views

Pacitanku.com, PACITAN – Agenda pengamanan dan pengawalan di area wisata di Pacitan menjadi prioritas pada saat Lebaran 2016. Karena, diprediksi ribuan pengunjung dari berbagai daerah akan memadati beberapa lokasi wisata di Pacitan.

Menurut keterangan Kepala Kepolisian Resor Pacitan, Ajun Komisaris Besar Polisi Suhandana Cakrawijaya, Kamis (30/6/2016) pagi mengatakan bahwa pada Operasi Ramadaniya 2016 ini ada 428 personel gabungan dari beberapa instansi. Sedangkan personel dari kepolisian ada 200 orang. Operasi khusus perayaan Idul Fitri ini akan berlangsung mulai H-7 hingga H+7 Lebaran.

“Giat operasi terpusat ini berlangsung selama 16 hari mulai tanggal 30 juni sd 15 juli 2016 . dengan jumlah personil sebanyak 200 anggota kepolisian , dan yang akan di back up anggota gabungan dari instansi samping,” pungkas Kapolres pacitan saat gelar pasukan.

Dalam upacara gelar pasukan tersebut Kapolres Pacitan membacakan amanat Kapolri tentang target operasi ramadniya 2016 diantaranya adalah terwujud nya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan perayaan hari raya idul fitri 1437 H

“Terwujudnya keamanan dan keselamatan , ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas, terjamin nya keamanan dan kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok, terwujud nya keamanan dalam aktivitas embarkasi dan debarkasi di pelabuhan /terminal, darat, laut, udara dan terbangunnya kesiapsiagaan sistem tanggap darurat, melalui koordinasi sinergitas lintas sektoral,”jelasnya.


Suhandana mengatakan pengamanan Lebaran kali ini akan selain untuk mengatur lalu lintas pemudik, juga untuk mengemankan lokasi wisata. Hal ini karena Pacitan merupakan kota tujuan wisata, sehingga kepadatan arus lalu lintas di jalan menuju lokasi wisata perlu diatur.

Saat ini, katanya, geliat pengunjung di lokasi wisata mulai nampak pada saat H+2 Lebaran. Untuk tempat wisata yang akan dijaga yaitu di pantai Teleng Ria, pantai Klayar, Goa Gong, dan beberapa lokasi wisata lain.

“Pacitan itu kota tujuan, jadi orang kalau sudah sampai di Pacitan ya sudah di Pacitan tidak akan ke mana-mana. Jadi saat hari H Lebaran, mungkin di lokasi wisata akan sepi, tetapi setelah itu H+2, pasti lokasi wisata akan menjadi padat,” jelas dia.

Adapun, enam pos pam Lebaran yang dibangun di wilayah Pacitan yaitu Pos Pam Batas Cemeng (arah Yogyakarta), Pos PAM Batas  Glonggong (arah Solo), Pos Pam Pacitan (jalur Sedeng), Pos Pam Pacitan (jalur selatan), Pos Pam Goa Gong, dan Pos Pam Pantai Klayar.

Dalam upacara tersebut, hadir ratusan anggota Polres Pacitan, anggota Kodim 0801 Pacitan, dan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengikuti apel gelar pasukan itu. Pasukan gabungan itu juga menyiapkan berbagai kendaraan yang untuk pengemanan selama operasi berlangsung. (RAPP002)

Foto: Polres Pacitan