Pusat Oleh-oleh Pacitan Siap Sambut Pemudik Lebaran

Pacitanku.com, PACITAN — Sejumlah pengusaha oleh-oleh khas bersiap-siap menyambut kedatangan pemudik dan wisatawan yang datang ke Pacitan dengan memperbanyak stok buah tangan. Sejumlah pusat oleh-oleh pun akan buka selama perayaan Lebaran 2016.

Pemilik Pusat Oleh-oleh Khas Pacitan Bu Erwin, Ny. Erwin, mengatakan telah menyiapkan stok untuk libur Lebaran mendatang. Hal ini karena biasanya pada saat Lebaran banyak orang yang berburu oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Dia mengaku stok tambahan ini memang disediakan jauh-jauh hari untuk menyambut pemudik dan wisatawan. Dia mencontohkan untuk produk tahu tuna menaikkan hingga 3.000 bungkus setiap hari, padahal biasanya hanya memproduksi 2.000 bungkus per hari.

Selain tahu tuna, kata dia, ada beberapa produk lain yang juga dipersiapkan seperti naget, bakso, dan bahan olahan dari ikan tuna lainnya. “Kami juga mempersiapkan untuk oleh-oleh makanan kering juga ditambah. Ini untuk mengantisipasi saja supaya tidak kekurangan stok, soalnya pada saat Lebaran produksi makanan itu tutup,” kata dia.

Erwin menambahkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya pada saat Lebaran banyak orang yang berkunjung ke outletnya untuk memburu oleh-oleh. Bahkan, terkadang stok yang disediakan ludes terjual.


Selama libur Lebaran, ujar dia, pada hari perayaan Idul Fitri akan libur dan pada H+1 hingga seterusnya outlet oleh-olehnya akan buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. “Kalau dari pengalaman tahun sebelumnya, prediksi kami pengunjung tahun ini meningkat,” ujar Erwin.

Hal senada juga dikatakan Manajer Operasional Pusat Oleh-oleh Tahu Tuna Pak Ran, Widat. Dia menyampaikan akan menambah stok persediaan oleh-oleh khas pada saat libur Lebaran. Pihaknya akan menyediakan stok 3.000 bungkus untuk tiga hari, setelah itu produksi akan kembali normal kembali.

Dia mengatakan outlet oleh-oleh Tahu Tuna Pak Ran buka tiga cabang di Pacitan, yaitu di kawasan Teleng Ria, dekat lapangan Auri, dekat SPBU Ploso, dan Jl. Raya Pacitan-Ponorogo Nanggungan. Selain menyediakan berbagai oleh-oleh khas seperti olahan tuna, dia juga menyiapkan berbagai makanan kering yang siap untuk dibawa sebagai buah tangan.

“Di setiap outlet kami fasilitas tempat parkirnya luas, jadi jangan khawatir soal parkir. Paling banyak yang membeli oleh-oleh ini orang dari luar daerah yang mungkin berwisata dan sedang mudik di Pacitan,” ujar dia.

Sumber: Madiun Pos

Oleh-oleh Pacitan Pusat olehh-oleh

Posting Terkait