Pelebaran dan Pengaspalan Jalur Menuju Pantai Klayar Dilanjutkan

oleh -869 views

Pacitanku.com, DONOROJO – Pembangunan dan pelebaran ruas jalan menuju ke obyek wisata Pantai Klayar kembali dilanjutkan. Berdasarkan pantauan, pelebaran jalan ini dimulai di barat kantor Desa Sendang.

Adapun, rute pelebaran ini dikerjakan mulai dari pengaspalan sampai dengan pembuatan jalan kompas. Hal itu nampak mulai bekerjanya sebanyak tiga alat berat di jalur tersebut. Dengan adanya pembangunan jalur ini, akan ada jalur baru menuju Pantai Klayar, yakni melalui pertigaan setelah balai desa sendang belok ke kiri tembus pertigaan Ngilar sebelum makam, alias tidak melalui pasar kalak.

Direncanakan, target pengaspalan klayar tersebut selesai sebelum lebaran. Rencananya, setelah lebaran, pelebaran dan pengaspalan mulai dari tanjakan Nanas yang berada di atas Sungai Maron hingga tanjakan Pring Gedhe, sebelum Goa Kalak  melalui jalan kompas Ngilar. Sementara jalur di pasar Kalak sementara belum dikerjakan.

Alat berat mulai melakukan pengeprasan tebing . (Foto: Eko Rias Prahmono)
Alat berat mulai melakukan pengeprasan tebing . (Foto: Eko Rias Prahmono)

Sebelumnya, pembangunan ini sempat tersendat lantaran pada Musrenbangnas 2016, diputuskan bahwa kelanjutan pembangunan jalan yang menghubungkan antara objek wisata Gua Gong dan Pantai Klayar tersebut tidak muncul dalam pembahasan. Namun demikian, Pemkab akan terus mengusulkan mendapatkan dana dari pemerintah pusat.


Menurut Bupati Indartato, kelanjutan pembangunan jalanSendang-Kalak tersebut tidak masukdalam rencana strategis nasional pada 2016 lantaran jalur sepanjang 7,7 kilometer itu bukan jalan nasional.

Padahal, seperti diberitakan sebelumnya, pada masa pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Punung menuju ke obyek wisata Pantai Klayar, di Desa Sendang tersebut menjadi jalan strategis nasional. Untuk itu, pelebaran jalan menuju kawasan pantai Klayar menjadi prioritas utama.

Anggaran sekitar Rp 3,5 miliar digelontorkan pemkab tahun ini. Perbaikan itu mencakup beberapa titik jalan. Terutama di tikungan yang memiliki lebar yang cukup. Yakni, jalan sepanjang 2,8 kilometer yang terhitung mulai Puskesmas Pembantu Kalak hingga ke Pantai Klayar. ’’Dengan begitu, kami berharap akses menuju Pantai Klayar bisa lebih lancar,’’ tuturnya.

Berdasardata dinas bina marga dan pengairan setempat, sejatinya panjang jalan yang belum mendapatkan sentuhan dari pusat tersebut sekitar 7,7 kilometer. Untuk menuntaskan pekerjaan itu, menurut perhitungan dinas bina marga dan pengairan, anggaran yang diperlukan mencapai Rp 45,5 miliar. (RAPP002)