Indartato: Pemkab Pastikan Persediaan Bahan Pangan Memadai

oleh -375 views
Bupati Pacita sidak di Pasar Minulyo Pacitan. (Foto;: Pekathik Kadipaten)
Bupati Pacita sidak di Pasar Minulyo Pacitan, beberapa waktu lalu. (Foto;: Pekathik Kadipaten)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan akan memastikan persediaan bahan bangan dan kebutuhan pokok saat Ramadan dan Lebaran 1437 H memadai.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM saat menggelar inspeksi mendadak harga kebutuhan pokok pasar di Pasar Arjowinangun, Rabu (8/6/2016).

Menurut Indartato, pihaknya memastikan persediaan bahan pangan di pasaran memadai, meskipun beberapa waktu lalu ada kenaikan. Namun informasi terbaru, sebagian kebutuhan sudah stabil bahkan cenderung menurun.


“Atas kondisi tersebut, kami meminta masyarakat menghemat uang belanja, karena kenaikan harga bahkan diperkirakan masih terjadi hingga lebaran, memang kami akui kenaikan harga relatif sulit dihindarkan,” jelasnya, dilansir Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan.

Adapun, penyebab ketidakstabilan tersebut, kata Indartato, karena satuan nilai sangat tergantung mekanisme pasar. “Pemerintah sendiri terus berupaya mengupayakan harga stabil,”tandasnya.

Informsasi yang dihimpun, beberapa komoditas yang mengalami kenaikan diantaranya daging sapi masih yang terdepan. Harga per kilogramnya masih menembus 120 ribu rupiah. Selain itu, untuk harga sayuran dan bumbu dapur masih dalam kondisi normal. (RAPP002)