Granat Perang Dunia II Ditemukan Warga Pencari Batu di Pacitan

oleh -101.178 views

Pacitanku.com, PACITAN – Seorang warga yang biasa mencari batu atas nama Sujono (42) warga Desa Ponggok, Kecamatan/Kabupaten Pacitan dikagetkan atas temuannya, yakni granat yang diprediksi digunakan pada perang dunia kedua tersebut pada Minggu (5/6/2016).

Informasi yang dihimpun Pacitanku.com dari laman Polres Pacitan, Sujono menemukan granat jenis batang buatan Jerman trsebut saat sedang mencari batu di Sungai Kedung Wigit, Minggu sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat menemukan benda mencurigakan itu, awalnya Sujono tidak mengetahui jenis apa barang yang ditemukannya tersebut. Merasa curiga akhirnya Sujono melaporkan kepada anggota Polres pacitan melalui telepon. Mendengan laporan tersebut, anggota Polres Pacitan  bersama anggota piket unit Intelkam unit Wasendak mendatangi lokasi tempat ditemukannya benda yang di duga granat tersebut.


Sebagai informasi, barang yang diduga  sejenis granat batang Jerman sisa perang dunia 2 ditemukan sudah dalam kondisi berkarat dengan diameter 5 cm dan tinggi 9 cm.

Setelah mendatangi lokasi dilakukan analisa dan berkoordinasi dengan pihak Kodim 0801 Pacitan, karena sesuai analisa standar senjata perang TNI serta anggota Kodim 0801 membenarkan standart TNI selanjutnya hasil temuan tersebut diserahkan dengan dibuatkan berita acara penyerahan barang temuan ke Kodim 0801 Pacitan dan diamankan di Makodim 0801 Pacitan. (RAPP002)