Jelang Ramadhan, Waspadai Permainan Tengkulak Naikkan Harga Sembako

oleh -13810 views
Bupati Pacita sidak di Pasar Minulyo Pacitan. (Foto;: Pekathik Kadipaten)
Bupati Pacita sidak di Pasar Minulyo Pacitan, beberapa waktu lalu. (Foto;: Pekathik Kadipaten)

Pacitanku.com, PACITAN – Lonjakan harga sembako di sejumlah pasar jelang Ramadan tak terhindarkan. Untuk mencegah gejolak harga, pemkab mengambil langkah antisipasi.

Salah satunya, melakukan pengawasan ketat terhadap para tengkulak agar tidak memainkan harga dengan memanfaatkan momen Ramadan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setkab Pacitan Joni Maryono mengatakan, potensi adanya permainan harga di tingkat tengkulak cukup besar.

Karena itu, pihaknya memastikan tidak hanya memantau di sejumlah pasar tradisional tapi juga ke tengkulak. ‘’Dengan turun ke pasar kami harap bisa mengendalikan harga,’’ jelasnya, kemarin (24/5).




Selain pemantauan, juga akan digelar operasi pasar. Hanya saja, teknis dan waktu pelaksanaannya akan diatur oleh Diskoperindag Pacitan. “Menurut saya cara yang saat ini dianggap efektif ya operasi pasar. Dengan menjual sembako murah, masyarakat akan tertolong,’’ ungkapnya.

Menurut dia, menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok sembako merupakan kewajiban pemkab. Namun, seringkali terkendala dengan hukum pasar.

Meskipun kenaikan harga terjadi setiap tahun jelang Ramadan maupun Lebaran, tapi pemkab berupaya agar stok bahan pokok ini bisa terjaga. ‘’Sehingga tidak terjadi kelangkaan di masyarakat,’’ pungkasnya. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun