Apresiasi Warga Pacitan untuk Program 926 Unit RTLH dari TNI

oleh -131.113 views

Pacitanku.com, ARJOSARI – Warga di kecamatan Arjosari, Pacitan mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Kodam V Brawijaya dalam pemberian 926 unit renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Pacitan.

Tarmi, salah satu warga dari Desa Gayuhan, Kecamatan Arjosari pada Kamis (12/5/2016) kemarin mengaku telah telah mendapat bantuan sehingga rumahnya akan lebih layak. Selama ini, janda paruh baya ini mengaku tinggal di rumah kecil berdindiding anyaman bambu.

“Saya sangat terbantu sekali karena rumah saya akan dibangun lebih baik dan kuat,”ujarnya dalam agenda Pencanangan Renofasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) Tahap ke VII tahun 2016 dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan RTLH oleh Bupati Pacitan kemarin di Arjosari, Pacitan.

Sebagai informasi, bagi rumah tangga penerima program RTLH akan mendapat bantuan langsung berupa material bahan bangunan. Meski tipe rumah sederhana namun rumah hasil renovasi dipastikan lebih layak.


Bupati Pacitan Indartato mengapresiasi program tersebut. Sesuai dengan amanat Nawa Cita pemerintah keberadaan pemerintah memang dibutuhkan untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Salah satunya, memenuhi kebutuhan dasar berupa sandang, papan dan pangan.

“Kegiatan ini merupakan wujud perhatian dari negara bagaimana yang hidup di NKRI masyarakat harus sejahtera, salah satunya wujud melalui progam RTLH atas kerjasama Kodam V / Brawijaya dan Pemprov Jatim,” ujarnya.

Sebagai informasi, di Kabupaten Pacitan total Rumah Tidak Layak Huni berjumlah 16.000 unit yang tersebar di Wilayah Kabupaten Pacitan. Dengan adanya program ini tentunya sangat membantu Pemda Pacitan untuk mengurangi jumlah tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI yang telah membantu  mensejahterakan masyarakat khususnya di Kabupaten Pacitan semoga dengan program ini masyarakat kami menjadi lebih sejahtera,” jelas mantan kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pacitan itu.

Sementara, Komandan Kodim 0801 Pacitan Letnan Kolonel Infanteri Yudhi Dilianto mengatakan, TNI akan selalu manunggal bersama rakyat. Apapun yang menjadi program pemerintah asalkan untuk kesejahteraan rakyat TNI akan selalu siap membantu. “Saya tekankan kepada anggota terutama para Babinsa untuk selalu dekat dan membantu rakyat,” tandasnya.

Dalam agenda yang digelar di Kantor Kecamatan Arjosari dan Rumah Mbah Simis Dusun Sinoman Rt. 03 Rw. 08 Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari, sekitar 300 orang  menghadiri Pencanangan Renovasi RTLH tahap ke VII tahun 2016 dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan RTLH oleh Bupati.

“Jumlah rumah yang akan di bedah jumlah 926 unit dan ini merupakan kerja sama antara Kodam V / Brawijaya dengan Pemprov Jatim yang di laksanakan oleh Kodim 0801 Pacitan,” imbuh Yudhi.

Dalam kegiatan tersebut hadir  Bupati Pacitan Indartato, Sekda Suko Wiyono, Kepala Kejaksanan Negeri Pacitan Dwiyanto, Kadim 0801 Pacitan Mayor Inf Sunarto,  Kabak Ops Polres Pacitan Kompol Subiyato, Camat Arjosari Ahmad Taufan, Pewira Staf dan Danramil  jajaran Kodim 0801 Pacitan. Turut hadir juga Kapolsek Arjosari AKP Edi Suyono, perwakilan dari  Dan Kalmladu TNI AL Pacitan Seka Arif  Anggota Kodim 0801/ Pacitan, Kades Se Kecamatan Arjosari dan warga penerima RTLH. (RAPP002)