Serunya Indonesia Scout Challenge 2016 Pacitan yang Diikuti 2.060 Peserta

oleh -131.554 views
Para pemenang ISC 2016 Pacitan. (Foto: Eko Setiawan)
Para pemenang ISC 2016 Pacitan. (Foto: Eko Setiawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Gelaran Indonesia Scout Challenge (ISC) 2016 grup I bersama Antangin Junior Regional Championship Kabupaten Pacitan yang berlangsung di Bumi Perkemahan (Buper) Pancer Dorr mulai Sabtu (7/5/2016) hingga Minggu kemarin berlangsung sangat seru dan menarik.

Romantisme ala Indartato dan Luky sebelum ke ISC 2016. (Foto: Eko Setiawan)
Romantisme ala Indartato dan Luky sebelum ke ISC 2016. (Foto: Eko Setiawan)

Sebanyak 2.060 peserta didik setingkat sekolah dasar (SD) di Pacitan ikut berpartisipasi dalam event tersebut.“Anggota pramuka senantiasa ditanamkan tentang kekompakan, kecerdasan, keterampilan dan lain-lain. ‘’Gerakan pramuka memiliki nilai dan ajaran luhur yang sesuai dengan karakter bangsa,’’ ujar Indartato, bupati Pacitan, dalam keterangannya baru-baru ini.

Support Penuh Pemkab

Serunya gelaran ISC 2016 Pacitan. (Foto: Eko Setiawan)
Serunya gelaran ISC 2016 Pacitan. (Foto: Eko Setiawan)

Indartato yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) tersebut menambahkan, pemkab siap mendukung penuh kegiatan tersebut. Pemkab akan memfasilitasi apa saja yang dibutuhkan peserta.

‘’Dukungan yang akan diberikan, tidak hanya memberikan semangat kepada panitia maupun peserta. Tapi juga memfasilitasi agar pelaksanaan lomba berjalan lancar dan sukses,’’ katanya.

Pemberian fasilitas itu di antaranya penyediaan tempat kegiatan bumi perkemahan, sarana penyediaan air bersih, dan sarana kesehatan. Pemkab juga akan mengerahkan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Termasuk home stay dengan menyiapkan peruhaman-perumahan warga, gedung sekolah, atau aula dan sarana lainnya sebagai tempat berteduh. Ini disiapkan untuk persiapan istirahat peserta, jika turun hujan.


Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu hingga Selasa tanggal 7-10 Mei mendatang di Bumi Perkemahan Pancer Dorr tersebut lebih seru dan kompetitif dibandingkan tahun sebelumnya.

Sudjarwo, salah satu panitia setempat mengatakan bahwa kegiatan ini berisi salah satunya berupa tantangan yang sudah biasa diikuti pramuka namun dikemas dengan menarik dan modern.

Meliputi lomba arah mata angin, menyusun huruf, atribut, kejelian indera dan bahasa Inggris. “Selain tantangan fisik, juga pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kecakapan peserta,” tambahnya.

Dua SD Islam Raih Predikat Amazing Team

Serunya gelaran ISC 2016 Pacitan. (Foto: Eko Setiawan)
Serunya gelaran ISC 2016 Pacitan. (Foto: Eko Setiawan)

Dalam kegiatan tersebut, peserta mengikuti sejumlah perlombaan berupa tantangan, diantaranya tantangan PPGD, atribut, arah mata angin, KIM, susun huruf, bahasa inggris, estafet, ketangkasan, kebangsaan,  dan tantangan tapak kemah. Selain beberapa tantangan tersebut, peserta  juga mengumpulkan hasta karya dan dress code.

Adapun, hasil penilaian dewan juri, diambil sepuluh besar putra dan sepuluh besar putri. Sementara untuk tiga besar putri, peringkat 1 predikat amazing team diraih oleh nomor kapling 004 asal SD Islam Terpadu Ar-Rahmah Pacitan, kemudian peringkat 2  diraih oleh nomor kapling 096  asal SDN Kledung III dan peringkat 3  diraih oleh nomor kapling 020 asal SDN Purworejo.

Selain itu, untuk urutan tiga besar putra, Peringkat 1  putera  predikat amazing team diraih oleh nomor kapling 007  asal SD Islam Insan Cendekia Pacitan. Peringkat 2  diraih oleh nomor kapling 091 asal SDN Jeruk IV dan  Peringkat 3  diraih oleh nomor kapling  041   asal SDN Gondang I.

Dengan demikian, secara otomatis predikat amazing team 1 akan mewakili grup 1 untuk mengikuti ISC 2016  tingkat Jawa Timur. Sedangkan untuk pemenang  tantangan hasta karya dan dress code, hadiah akan dikirim langsung oleh PT DBL Jawa Pos, ke gugus depan masing-masing pemenang. Pada Senin (9/5/2016) hari ini, ISC 2016 akan dibuka grup II ditempat yang sama. (DPPP001)