Pembangunan JLS Pacitan-Banyuwangi akan Dimulai Lagi

oleh -0 Dilihat
JLS Pacitan dekat Laut Taman
JLS Pacitan dekat Laut Taman

Pacitanku.com, BANYUWANGI – Pembangunan jalur lintas selatan (JLS) yang terbentang dari Kabupaten Banyuwangi hingga Kabupaten Pacitan bakal segera dimulai lagi. Pembangunan proyek yang telah berjalan bertahun-tahun ini akan dipercepat sehingga jalur sepanjang 650 kilometer itu ditargetkan rampung pada 2021.

Kepala Biro Asministrasi Kerja Sama Pemprov Jawa Timur Benny Sampirwanto mengatakan JLS adalah jalur yang dirancang pemerintah pusat sebagai alternatif selain jalur di sepanjang pantai utara di Jawa Timur.

“Karena sudah hampir 14 tahun berjalan, dan JLS ini belum rampung juga, maka kami meminta delapan daerah yang akan dilalui segera menuntaskan kendala pembangunan JLS ini. Jalur ini sangat dibutuhkan untuk menggerakkan perekonomian,” ujarnya, baru-baru ini.


Menurut Benny, sebagian besar kendala pembangunan JLS adalah masalah pembebasan lahan. Untuk itu pihaknya mengumpulkan delapan daerah tersebut agar bersama-sama berkomitmen mempercepat pembangunan JLS sehingga pada 2021 harus selesai.

Ia menjelaskan bahwa proyek JLS ini dimulai sejak 2002, namun sempat mengalami kendala masalah pembebasan lahan di sejumlah daerah. Skema pembangunannya, pemerintah pusat dan provinsi membiayai pembangunan fisiknya, sedangkan pemerintah daerah menyiapkan lahannya.

Anggaran yang dikucurkan pusat untuk percepatan JLS pada 2016 ini adalah Rp1,4 trilun dan tambahan bantuan luar negeri sebesar 250 juta dolar AS.

Sebagai informasi, perjanjian kerja sama yang lama yang ditandatangani pada 2002 direvisi dengan fokus percepatan pembangunan JLS. Dalam rapat itu delapan daerah yang dilintasi JLS selatan melakukan koordinasi, yakni Banyuwangi, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, dan Jember dengan melibatkan Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim. (RAPP002/ant)