BMKG Revisi Kekuatan Gempa Mentawai Jadi 7,8 SR, Warga Singapura Ikut Terdampak

oleh -13885 views
Kepulauan Mentawai. (Foto: ku2h.com)
Kepulauan Mentawai. (Foto: ku2h.com)

Pacitanku.com, JAKARTA – Gempa berkekuatan 8,3 SR mengguncang kawasan Kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Dari data BMKG, gempa tersebut terjadi, Rabu (2/3/2016) pukul 19.49 WIB. Posisi gempa di 5,16 Lintan Selatan dan 94.05 Bujur Timur atau 682 km Barat daya Kepualauan Mentawai. Gempa berada  di kedalaman 10 km.

Beberapa kemudian, BMKG memperbarui data soal gempa yang terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Kekuatan gempa yang awalnya dinyatakan 8,3 skala richter, direvisi jadi 7,8 skala richter.  “Gempa Mag: 7,8 SR,” demikian pemutakhiran data gempar dari BMKG, Rabu (2/3/2016).


Meski informasi kekuatan gempa direvisi jadi lebih kecil, namun peringatan soal tsunami meluas ke sejumlah daerah. Selain Sumatera Barat, daerah yang diberi peringatan soal potensi tsunami meluasi ke Aceh, Bengkulu, Sumatera Utara, dan Lampung. 

Belum diketahui apakah ada kerusakan dan korban dalam peristiwa tersebut. Sementara, Peringatan dini tsunami terdengar di Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Gempa besar tersebut juga terasa hingga Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia. Laporan mengenai dampak gempa hingga Malaysia dan Singapura itu terlihat di situs volcanodiscovery.com.  “Air di akuarium saya terlihat bergelombang,” demikian salah satu laporan warga Singapura di situs tersebut. (RAPP002)