Gempa 5,3 SR Goyang Pacitan, tak Berpotensi Tsunami

oleh -0 Dilihat
Ilustrasi gempa Pacitan. (Foto : IST)
Ilustrasi gempa Pacitan. (Foto : IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Bencana gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) terjadi di Pacitan, Jawa Timur. Gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho pusat gempa terjadi di Samudera Hindia. Dengan kedalaman 10 km pada koordinat 9.02 LS,111.44 BT (100 km Tenggara Pacitan-Jawa Timur). “Sumber gempa berada zona pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia. Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya Jumat (26/2/2016).


Gempa dirasakan sedang di daerah sekitar Pacitan dengan intensitas gempa dirasakan III-IV MMI (Modified Mercalli Intensity). Gempa juga dirasakan di Bantul, DI Yogyakarta dengan III MMI. “Sebagian masyarakat di Wonogiri dan Gunung Kidul juga merasakan guncangan gempa dengan lemah. Tidak ada kepanikan,” lanjutnya.

Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat pada Jumat pukul 10.00 WIB juga menggelar cek rutin sirine Tsunami. Namun berdasarkan keterangan dari BPBD, di mohon untuk masyarakat tidak panik karena kegiatan ini bersifat “UJI COBA” dan tidak ada kaitannya dengan Gempa. (RAPP002)