3 Eks Gafatar dari Tegalombo dan Ngadirojo Dipulangkan ke Jawa

oleh -13844 views

Pacitanku.com, SURABAYA – Sebanyak 3 eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari Kabupaten Pacitan yang dipulangkan dari Kabupaten Mewampah, Kalimantan Barat,  diperkirakan tiba pada Minggu (24/1). Ketiganya dipulangkan bersama 515 warga eks Gafatar lainnya dari Jatim.

Adapun ketiganya adalah Purwanto (35) dari Kecamatan Tegalombo, Hari Subagio (31), Ida Martani (30), Satria Finandita (4) dan Satria Abymanyu (2) dari Kecamatan Ngadirojo yang telah bermukim di Kabupaten Sidoarjo. Untuk Satria Finandita dan Satria Abumanyu adalah anak Hari dan Ida Martanti.

Selain itu, sebanyak 88 dari 515 warga Jawa Timur eks-Gafatar yang ada di Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), adalah warga asal Surabaya. Dengan data ini, Kota Surabaya menjadi kota asal eks-Gafatar terbanyak dibanding daerah-daerah lainnya di Jatim.

Sementara untuk posisi kedua adalah Pasuruan, yakni 30 orang. Mojokerto dan Blitar masing-masing 21 orang, Kediri 19 orang, Sidoarjo 17 orang, Jombang 16 orang, Madiun 15 orang, Malang 14 orang, Ponorogo dan Trenggalek masing-masing 9 orang, Magetan 8 orang, Tuban 7 orang, Probolinggo 6 orang, Lamongan dan Pacitan masing-masing 3 orang, Jember 2 orang, Nganjuk dan Ngawi masing-masing 1 orang, serta dari beberapa daerah lainnya.


“Untuk sementara data yang baru masuk sampai detik ini ada 19 Kabupaten/Kota di Jatim, yang jelas jumlah warga Jatim sebanyak 515 orang,” kata Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, di Surabaya, Jumat (22/1/2016) kemarin.

Mereka akan dipulangkan dari Mempawah, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), dengan menggunakan dua kapal TNI menuju Semarang, Jawa Tengah. Sebanyak 13 bus yang disiapkan Pemprov Jatim akan menjemput mereka dengan kawalan ketat aparat kepolisian.

Sesampai di Jatim, mereka akan diinapkan selama empat hari di tempat transit transmigran milik Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Tenaga Kerja yang terletak di Jalan Margorejo, Surabaya. Mereka akan mendapat bimbingan dan dari MUI sebelum dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing.

Sejak diusir paksa dari barak di Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, sebanyak 1.119 warga eks-Gafatar menempati Markas Pembekalan dan Angkutan Kodam (Bekangdam) XII Tanjungpura di Jalan Adisucipto, Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Pesawat Hercules milik TNI rencananya akan akan mengangkut sebagian mantan Gafatar tersebut dari Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), menuju Bandara Juanda, Surabaya. Para eks Gafatar tersebut akan langsung dibawa ke tempat penampungan sementara di gedung milik Disnakertransduk Jatim yang ada di kawasan Margorejo Surabaya. (RAPP002)